Canalys menyebut pendistribusian smartwatch pada Q3 2016 meningkat sebesar 60 persen.
Canalys menyebut pendistribusian smartwatch pada Q3 2016 meningkat sebesar 60 persen.

Canalys: Distribusi Smartwatch Justru Meningkat

Lufthi Anggraeni • 05 November 2016 09:30
medcom.id: Laporan terbaru IDC menyebut pendistribusian smartwatch menurun sebesar 50 persen selama satu tahun terakhir. Namun, laporan ini dibantah oleh laporan yang dikeluarkan kompetitornya, yaitu Canalys.
 
IDC mengklaim bahwa total pendistribusian smartwartch menurun dari 5,6 juta di Q3 2015 menjadi hanya sebanyak 2,7 juta pada Q3 2016. Sementara Canalys berpendapat pendistribusian smartphone meningkat sebesar 60 persen selama periode yang sama, mencapai 6,1 juta unit.
 
Namun, kedua perusahaan analisis tersebut kompak menyebut Apple dan Apple Watch sebagai produsen dengan pendistribusian tertinggi. Canalys menyebut, Apple mendistribusikan 46 persen unit, IDC mendistribusikan 41 persen, seperti dilaporkan TechCrunch.

Sementara itu, soal pangsa pasar, keduanya melaporkan hasil berbeda. Canalys menyebut lima produsen dengan perolehan pangsa pasar tertinggi yaitu, Samsung 18 persen, Fitbit 17 persen, Garmin 21 persen, dan Pebble dua persen. Sedangkan IDC menyebut produsen dengan perolehan pangsa pasar tertinggi yaitu, Samsung 14 persen, Lenovo and Pebble masing-masing tiga persen.
 
IDC menggunakan datanya untuk menegaskan bahwa smartwatch bukanlah perangkat untuk setiap orang, namun Canalys menyebut masih akan menilai hingga kuartal depan. Sebab, Canalys percaya bahwa musim liburan dan dampak generasi kedua Apple Watch menjadi dua faktor dapat berpengaruhi posisi saat ini dan di masa mendatang.
 
Canalys dan IDC menyebut bocoran pre-launch Apple Watch dan update iPhone 7 menimbulkan ketertarikan konsumen dan penjualan Apple Watch pada periode Q3 2016. Menariknya, Low dan Colleagues menemukan pasar smartwath Tiongkok bertumbuh 42 persen tahun per tahun, meski platform Google Android Wear 2.0 dan Samsung Gear S3 yang ditunda peluncurannya akan segera diluncurkan.
 
Tidak hanya smartwatch karya Google dan Samsung berharga tinggi, pasar Tiongkok juga dimeriahkan oleh opsi dengan penawaran harga lebih terjangkau dari rekan Xiaomi, yaitu Huami, seharga mulai USD120. Hal ini dinilai baik untuk menjangkau konsumen kelas menengah.
 
Sementara itu, Canalys melaporkan pendistribusian band fitness dasar bertumubuh sebesar 18 persen kuartal per kuartal, mencapai 11,5 juta unit pada Q3 2016.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan