Kartu grafis NVIDIA RTX 30-Series.
Kartu grafis NVIDIA RTX 30-Series.

Libur Imlek, Kartu Grafis NVIDIA RTX 30-Series Dipastikan Makin Langka

Cahyandaru Kuncorojati • 09 Februari 2021 12:40
Jakarta: Gamer di platform PC yang akan merakit PC gaming maupun hardware enthusiast dipastikan bakal semakin sulit untuk mendapatkan kartu grafis jenis NVIDIA RTX 30-Series. Hal ini diakibatkan produk yang langka di pasar.
 
Kelangkaan ini tidak cuma diakibatkan pandemi yang berpengaruh ke produksi dan pengiriman dan tren mining aset kripto yang membuat kartu grafis diborong dalam jumlah banyak. Libur Imlek atau Tahun Baru Tiongkok disebut jadi penyebab lain kartu grafis semakin langka di pasar.
 
Dikutip dari Extreme Tech, sebuah ritel hardware bernama Alternate.NL yang beroperasi di sejumlah negara Eropa mengklaim kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3090, RTX 3080, RTX 3070, dan RTX 3060 Ti tidak akan tersedia banyak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diklaim bahwa banyak pabrik atau pusat produksi yang berbasis di Tiongkok akan libur selama satu sampai dua hari selama perayaan Imlek atau Tahun Baru Tiongkok. Jadi dampaknya pasokan material produksi akan mengalami kekurangan.
 
Konsumen diprediksi akan menemukan kenaikan harga pada stok kartu grafis yang tersedia di pasar. Hal ini melihat fenomena bahwa harga hardware PC belakangan ini mengalami naik turun yang fluktuatif. Saat ini belum ada tanggapan resmi dari NVIDIA terkait kondisi ini.
 
Sebelumnya, investor dari AMD juga membagikan kabar bahwa perusahaan tersebut menerima pesanan yang melampaui prediksi. Hal ini diartikan jumlah permintaan terhadap CPU dan GPU AMD tidak sesuai dengan ketersediaan yang disiapkan.
 
Prediksi sejauh ini menunjukan bahwa gamer seperti konsol PS5 dan Xbox Series X/S termasuk mereka yang merakit PC akan kesulitan mendapatkan barang di harga normal setidaknya hingga kuartal kedua tahun ini.
 
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif