Nvidia dilaporkan berencana memproduksi chipset prosesor server berbasis teknologi karya Arm.
Nvidia dilaporkan berencana memproduksi chipset prosesor server berbasis teknologi karya Arm.

Nvidia Rilis Chip Server Berbasis ARM Penantang Intel

Lufthi Anggraeni • 13 April 2021 14:22
Jakarta: Nvidia Corp mengumumkan rencananya untuk memproduksi chipset prosesor server berbasis teknologi karya Arm Inggris. Chipset server ini ditujukan sebagai menantang untuk Intel Corp.
 
Nvidia dilaporkan telah bersiap membeli Arm senilai USD40 miliar untuk mewujudkan rencana tersebut. Dengan prosesor server bertajuk Grace, Nvidia diklaim akan menjadi perusahaan chipset terbesar hingga saat ini, yang menantang Intel di pasar utamanya.
 
Sebagai informasi, Intel merupakan produsen prosesor sentral terbesar di dunia untuk server data center, namun persaingan dari chipset berbasis Arm kian meningkat dan diklaim mengancam posisi Intel tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Teknologi Arm telah digunakan di sebagian besar chipset pendukung smartphone, meski selama beberapa tahun terakhir, teknologi Arm ini juga merambah ke ranah data center. Langkah Arm memasuki ranah data center ini didorong oleh sejumlah perusahaan seperti Amazon dan Ampere Computing yang dilaporkan tengan merancang chipset untuk servernya.
 
Rencana Nvidia untuk merambah pasar chipset untuk server data center dinilai akan mempercepat terobosan Arm di ranah tersebut. Sebagai pengingat, chipset Nvidia sebelumnya telah digunakan sebagai akselerator bersamaan dengan prosesor sentral karya Intel, Advanced Micro Devices Inc dan lainnya.
 
Kehadiran prosesor sentral karyanya akan menegaskan posisi Nvidia sebagai kompetitor langsung dari Intel dan AMD. Dalam pidato pengumuman chip, CEO Nvidia Jensen Huang menyebut chip server baru ini merupakan puzzle yang akan menggabungkan grafis dan chip jaringan Nvidia untuk membentuk blok bangunan dasar dari pusat data modern.
 
Nvidia juga mengatakan bahwa Swiss National Supercomputing Center akan membuat superkomputer baru bertajuk Alps, yang akan menggunakan prosesor Grace baru dan dibangun oleh Hewlett Packard Enterprise Co.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif