NEWSTICKER
Huawei memperkenalkan aplikasi pencarian aplikasi untuk pengguna perangkat HMS, bertajuk AppSearch.
Huawei memperkenalkan aplikasi pencarian aplikasi untuk pengguna perangkat HMS, bertajuk AppSearch.

Huawei Sediakan Aplikasi AppSearch untuk Pengguna HMS

Teknologi teknologi huawei
Lufthi Anggraeni • 21 Maret 2020 12:10
Jakarta: Huawei bertekad untuk menjual perangkatnya di luar pasar Tiongkok bahkan tanpa dukungan GMS, dan saat ini tengah secara agresif memperluas portofolio aplikasi di toko AppGallery. Namun, masih terdapat sejumlah besar aplikasi populer yang belum dapat ditemukan di toko aplikasi Huawei ini.
 
Dan pemilik perangkat Huawei terbaru di luar pasar Tiongkok dipaksa mencari alternatif untuk aplikasi tersebut. Kini, GSM Arena melaporkan ketersediaan solusi lain yang disebut dengan nama AppSearch dan telah diperkenalkan pada situs Huawei Jerman.
 
Pada halaman situs resmi versi Jerman, Huawei menyebut bahwa aplikasi baru ini masih dalam fase pengujian. Aplikasi ini bertugas untuk membantu pengguna menemukan aplikasi yang diinginkan untuk perangkat Huawei atau Honor dengan dukungan HMS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan aplikasi ini, pengguna tidak perlu mencari dan mencoba memasang berbagai toko aplikasi pihak ketiga sebelum memasang aplikasi mereka, sebagai contoh, Facebook dan WhatsApp. Pencarian ini akan memandu pengguna ke toko aplikasi alternatif lokasi ketersediaan aplikasi yang tersedia.
 
Sehingga, pengguna tidak harus mengulangi proses pencarian yang sama sebanyak beberapa kali. Secara singkat, seluruh konten yang ditemukan via AppSearch disediakan oleh pihak ketiga, dan aplikasi dikelompokan ke dalam sejumlah kategori.
 
Kategori tersebut berdasarkan wilayah, popularitas, atau berdasarkan kegunaan atau fungsi. Untuk saat ini, AppSearch menghimpun aplikasi dari lima toko yaitu APKMirror, APKMonk, APKPure, Huawei AppGallery dan Amazon App Store.
 
Sebelumnya, Huawei secara resmi memasarkan smartphone layar lipat terbarunya di Indonesia mulai tanggal 20 Maret 2020 lalu. Huawei Mate Xs resmi tersedia di Tanah Air dan bakal bersaing dengan Samsung Galaxy Z Flip.
 
Pihak Huawei Indonesia menyatakan bahwa mereka sudah menggelar pre-order atau pemesanan Huawei Mate Xs di Indonesia pada tanggal 20 Maret tersebut. Smartphone futuristik ini dibanderol Rp38.999.000 dengan membawa aksesori dan benefit.
 
Sementara itu, Huawei harus menyerahkan tahta sebagai produsen smartphone terbesar ketiga dunia kepada Xiaomi pada bulan Februari 2020 lalu. Hal ini karena jumlah unit smartphone yang dikapalkan Huawei pada bulan Februari lalu mengalami penurunan hingga 70 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
 
Huawei hanya mengapalkan sebanyak 5,5 juta unit smartphone di seluruh dunia pada bulan Februari lalu, menurun dari 12,2 juta unit pada bulan Februari 2019 lalu. Penurunan ini karena Huawei mulai kehilangan pasar di luar Tiongkok akibat ponselnya tidak didukung oleh aplikasi dan layanan Google.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif