Tokopedia mengumumkan peningkatan signifikan pada salah satu layanan terbarunya, TokoCabang.
Tokopedia mengumumkan peningkatan signifikan pada salah satu layanan terbarunya, TokoCabang.

Tokopedia Jadikan Layanan TokoCabang Garis Depan UMKM

Teknologi teknologi tokopedia
Lufthi Anggraeni • 08 Juli 2020 16:39
Jakarta: Tokopedia mengumumkan peningkatan signifikan pada TokoCabang, layanan pemenuhan pesanan atau fulfillment service yang diluncurkan Tokopedia pada tahun 2019 lalu, selama pandemi Covid-19.
 
“Jumlah pesanan di TokoCabang mengalami peningkatan hingga lebih dari 2,5 kali lipat pada kuartal kedua 2020 jika dibandingkan dengan kuartal pertama pada tahun yang sama,” ujar Head of Fulfillment Tokopedia Erwin Dwi Saputra.
 
Tokopedia mengungkap bahwa menurut data internal perusahaannya, pada bulan Februari 2020, ada lebih dari 7,3 juta penjual di platform jual beli online miliknya. Sedangkan pada bulan Mei 2020, terjadi penambahan jumlah penjual sebanyak lebih dari satu juta penjual baru menjadi total 8,3 juta penjual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat pertama kali diluncurkan, layanan yang memungkinkan penjual menitipkan stok di gudang pada wilayah dengan jumlah permintaan tinggi ini tersedia di Jakarta, Bandung dan Surabaya.
 
Pada awal tahun 2020, TokoCabang telah tersedia di Makassar, dan Tokopedia mengumumkan layanan ini akan segera hadir di Medan dan Palembang pada bulan Juli mendatang.
 
Kehadiran TokoCabang diklaim Tokopedia selaras dengan fokus kampanye Tokopedia yaitu JagaEkonomiIndonesia. Kampanye ditujukan Tokopedia untuk terus memastikan bahwa pelaku usaha di Indonesia tetap dapat menjalankan bisnis walau di tengah pandemi.
 
Sebagai informasi, TokoCabang menawarkan sejumlah layanan termasuk penerimaan pesanan, pengemasan hingga pengantaran pesanan ke kurir, terutama saat menghadapi peningkatan permintaan secara signifikan.
 
Selain itu, TokoCabang juga menawarkan berbagai fitur termasuk pembaruan dasbor, guna mempermudah penjual dalam hal pengelolaan stok produk. Saat ini, penjual bisa memanfaatkan layanan TokoCabang secara gratis selama 30 hari.
 
Kemudian penjual hanya perlu membayar biaya jasa layanan Rp3.000 untuk setiap barang yang terjual. Selain itu, Tokopedia juga mengklaim bahwa TokoCabang memungkinkan masyarakat dalam mengakses lebih banyak pilihan produk dengan kualitas dan harga transparan secara lebih cepat, serta dengan ongkos kirim lebih terjangkau.
 
Hal ini diklaim Tokopedia sangat berguna tidak hanya bagi penjual tapi juga masyarakat, terutama di tengah pandemi saat ini.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif