Tiga produsen smartphone mengumumkan kesiapan untuk meluncurkan ponsel 5G pertama mereka.
Tiga produsen smartphone mengumumkan kesiapan untuk meluncurkan ponsel 5G pertama mereka.

3 Merek Siapkan Ponsel 5G pada April dan Mei

Teknologi lenovo lg
Lufthi Anggraeni • 20 April 2019 11:04
Jakarta: Perlombaan untuk menawarkan smartphone 5G pertama di dunia semakin bergelora, setelah Samsung mengumumkan kesiapannya meluncurkan Galaxy S10 5G, sedangkan Motorola dengan Moto Mod 5G untuk Z3.
 
Kini produsen lain menyatakan kesiapannya untuk segera mengumumkan ponsel cerdas dengan dukungan konektivitas jaringan 5G, meski belum diketahui waktu dan lokasi peluncuran perang tersebut, serta cara kerjanya.
 
Produsen lain telah mengonfirmasi kesiapan untuk meluncurkan smartphone 5G tersebut adalah Lenovo, ZTE dan LG. Dua produsen smartphone asal Tiongkok, Lenovo dan ZTE, dilaporkan akan meluncurkan ponsel ini dalam waktu dekat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, VentureBeat juga melaporkan LG menunda waktu peluncuran V50 ThinQ 5G akibat temuan kekhawatiran teknis pada perangkat ini. Dari ketiga perangkat, Lenovo Z6 Pro menjadi perangkat yang hadir dengan bocoran informasi terbanyak.
 
Ponsel Lenovo ini akan secara resmi diumumkan pada tanggal 23 April mendatang. Lenovo pertama kali menggulirkan teaser untuk ponsel ini pada bulan Agustus lalu melalui jejaring sosial Weibo.
 
Lenovo mengklaim perangkat karyanya tersebut sebagai smartphone 5G pertama di dunia dan menggunakan chipset terbaru Qualcomm yang belum diumumkan yaitu Snapdragon 855. Namun kemudian, Lenovo menghapus unggahan tersebut dan memilih untuk diam.
 
Sementara itu juga via Weibo, ZTE mengonfirmasi akan merilis Axon 10 Pro pada 6 Mei mendatang, setelah memamerkan perangkat 5G pertamanya pada bulan Februari lalu.
 
Perilisan pada awal bulan Mei tersebut akan dilaksanakan di Tiongkok, sedangkan perilisan global dikabarkan akan terjadi pada akhir bulan Mei atau bulan Juni.
 
Sedangkan LG mengklaim V50 ThinQ berlayar ganda akan menjadi smartphone 5G kedua yang dirilis di Korea Selatan.
 
Namun setelah menggembar-gemborkan fitur 5G-AI pada perangkatnya sekitar 10 hari lalu, secara mendadak LG menunda peluncuran yang seharusnya dijadwalkan pada 19 April ini.
 
Laporan awal menyebut bahwa LG tengah berkonsultasi dengan Qualcomm terkait dengan kemampuan V50 yang didukung oleh Snapdragon 5G. Namun LG kemudian menyatakan bahwa operator seluler Korea Selatan menyarankannya untuk menunggu hingga jaringan 5G lebih stabil.
 
Saran ini disampaikan setelah keluhan terkait performa pergantian jaringan 5G dan ketersediaan jaringan ini pada Samsung Galaxy S10 5G beredar di internet, tidak lama setelah peluncurannya pada tanggal 5 April lalu.
 
Hingga saat ini, LG belum menawarkan revisi informasi terkait tanggal peluncuran V50 ThinQ 5G ini di pasar Korea Selatan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif