Ilustrasi.
Ilustrasi.

AMD Bantu Performa Grafis di Chipset Samsung Exynos 2200

Cahyandaru Kuncorojati • 25 Januari 2022 11:52
Jakarta: AMD resmi tidak hanya “bermain” di perangkat consumer hardware untuk laptop dan PC namun mereka kini telah terjun ke pasar smartphone. Mereka resmi menjadi mitra Samsung dalam pengembangan chipset Exynoss 2200.
 
Chipset Exynos 2200 akan hadir di smartphone buatan Samsung pada tahun ini. AMD berperan dalam menyediakan dukungan teknologi pada bagian GPU di chipset tersebut lewat arsitektur AMD RDNA 2.
 
Pihak Samsung pada situs resminya menyebutkan bahwa AMD RDNA 2 digunakan sebagai basis teknologi GPU Samsung Xclipse di dalam chipset Exynos 2200. Samsung juga mengklaim bahwa dukungan AMD akan menjadi inovasi tinggi di teknologi smartphone.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemampuan AMD RDNA 2 diklaim menjadi yang pertama membawa teknologi hardware-accelerated ray tracing dari PC ke smartphone. GPU Xclipe di Exynos 2200 diklaim akan menyajikan performa grafis kombinasi konsol dan smartphone.
 
Teknologi AMD RDNA 2 bukan hanya di PC atau laptop namun juga digunakan pada konsol gaming PlayStation 5 dan Xbox Series X/S. Makanya momen ini bukan hanya jadi lompatan inovasi bagi Samsung tapi juga AMD.
 
AMD RDNA 2 menyediakan dua teknologi grafis ke Samsung Exynos 2200. Pertama adalah ray tracing yaitu kemampuan untuk menghadirkan efek cahaya dan bayangan di dalam game menjadi lebih realistis seperti di dunia nyata.
 
Teknologi kedua adalah variable rate shading yang membantu mengoptimalkan beban kerja GPU. Kemampuan ini memungkinkan developer untuk menyajikan shading rate lebih rendah di bagian yang kualitasnya tidak terlalu terpengaruh.
 
Hal tersebut membuat GPU bisa fokus bekerja di bagian yang penting dalam game serta meningkatkan frame rate untuk pengalaman grafis dan gameplay yang lebih memuaskan.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif