Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kecepatan LTE Jakarta Paling Lambat di Asia Tenggara

Teknologi internet
Ellavie Ichlasa Amalia • 06 Juli 2018 18:32
Jakarta:Seoul dan Singapura menjadi dua kota yang memiliki jaringan internet paling cepat di kawasan Asia Timur, menurut laporan OpenSignal.
 
Keduanya memiliki kecepatan rata-rata mengunduh sebesar 45Mbps dan kecepatan mengunggah rata-rata sebesar lebih dari 14Mps. Ini membuat Seoul dan Singapura menjadi dua kota dengan kecepatan internet terbaik di dunia.
 
Menariknya, kota-kota seperti Taipei, Yangon, Tokyo dan Ho Chi Minh juga memiliki kecepatan mengunduh rata-rata yang cukup tinggi, yaitu lebih dari 25Mbps.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pernyataan resmi, OpenSignal menyebutkan, Taipei dan Tokyo memang diperkirakan memiliki kecepatan LTE yang kencang.
 
Namun, Yangon dan Ho Chi Minh ternyata memiliki kecepatan yang cukup baik. Alasannya karena Vietnam dan Myanmar baru meluncurkan layanan 4G dua tahun lalu. Biasanya, negara yang baru meluncurkan jaringan 4G LTE bisa menawarkan kecepatan tinggi karena belum banyak orang yang menggunakannya.
 
Menurut analisis yang OpenSignal lakukan dalam 12 kota sejak Maret hingga Mei, Jakarta menjadi kota dengan kecepatan rata-rata 4G paling rendah dengan kecepatan kurang dari 10Mbps.
 
Seperti yang bisa Anda lihat dalam grafik di bawah, semua kota selain Jakarta memiliki kecepatan mengunduh rata-rata lebih dari 10Mbps.
 
Kecepatan LTE Jakarta Paling Lambat di Asia Tenggara
 
Jakarta masuk ke dalam kategori kota-kota yang memiliki kecepatan 4G di bawah rata-rata kecepatan dunia, yaitu 16,9 Mbps. Beberapa kota yang masuk ke dalam kategori ini selain Jakarta adalah Kuala Lumpur, Manila, Bangkok, dan Phnom Penh.
 
Kemungkinan, alasan mengapa jaringan LTE di kota-kota tersebut tidak memiliki kecepatan tinggi adalah karena negara-negara Asia Tenggara kini lebih fokus untuk memperluas jaringan 4G.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif