Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ini 5 Fitur Unggulan Qualcomm Snapdragon 888

Teknologi teknologi hardware qualcomm review prosesor
Cahyandaru Kuncorojati • 03 Desember 2020 09:26
Jakarta: Di hari kedua Qualcomm Tech Summit 2020 diberikan penjelasan lebih detil mengenai chipset terbaru Snapdragon 888 yang akan hadir di jajaran smartphone kelas high-end pada tahun 2021.
 
"Sejarah Qualcomm dalam menciptakan teknologi-teknologi terobosan telah membuka jalan untuk keberlanjutan kepemimpinan kami dalam seri premium di segmen mobile," tutur Senior VP & General Manager of Mobile, Compute and Infrastructure Qualcomm Technologies, Alex Katozian.
 
"Flagship Snapdragon 888 Mobile Platform terbaru memungkinkan OEM untuk membedakan perangkat-perangkat mereka, dan memberikan pengguna pengalaman teknologi-teknologi mobile tercanggih," tambahnya. Apa saja fitur unggulan di Snapdragon 888?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Konektivitas
Snapdragon 888 tetap hadir dengan mengembangkan kemampuan koneksi 5G termausk WiFi 6. Konektivitas Bluetooth juga dikembangkan lagi untuk mendukung kualitas audio via Bluetooth yang lebih tinggi lagi.
 
Chipset ini menggunakan modem Snapdragon X60 5G RF System generasi ketiga yang mendukung fitur 5G Sub-6 Carrier Agregation dan mmWave sehinga diklaim menyajikan kecepatan 5G komersial tercepat di dunia hingga 7,5 Gbps. Adateknologi Dynamic Spectrum sharing untuk mendukung frekuensi atau band 5G di seluruh dunia.
 
Konektivitas WiFi 6 yang didukung bisa modem di chipset Snapdragon 888 diklaim bisa mecapai kecepatan 3,6Gbps. Teknologi Bluetooth 5.2 lewat anten dual Bluetooth dan Qualcomm aptX suite untuk coding audi berkualitas tinggi.
 
2. AI
Kemampuan kecerdasan buatan atau AI di Snapdragon 888 berasal dari Qualcomm AI Engine generasi keenam lewat prosesor Qulcomm Hexagon 780. Kemampuan AI hadir di fitur kamera, voice assistant, elite gaming, konektivutas super cepat, dan lainnya.
 
Snapdrgaon 888 diklaim menyediakan peningkatan performa AI yang lebih pintar tapi dengan konsumsi daya lebih rendah. Performanya meningkat tiga kali performance per watt dibandingkan generasi sebelumnya dengan kemampuan 26 TOPS.
 
3. Kamera
Snapdragon 888 juga membahwa peningkatkan kemampuan kamera di perangkat mobile dengan prosesor Qualcomm Spectra 580 ISP. Di sini diperkenalkan teknologi pertama bernama Triple Image Signal Processor yang mampu menghasilkan foto dari tiga kamera bersamaan dengan kecepatan tinggi hingga 2,7 gigapiksel per detik.
 
Kemampuan lain yang dibawa adalah dukungan pengambilan foto mode burst dengan kecepatan 120fps serta menghasilkan tiga video berkualitas 4K HDR dalam waktu bersamaan. Kemampuan pengambilan foto dan video di kondisi minim cahaya juga disebut lebih baik.
 
4. Gaming
Snapdragon 888 masih membawa peningkatkan di kemampuan bermain game lewat paket fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming. Di sini ditawarkan performa bermian game lancar di kualitas HDR yang diklaim sekelas desktop.
 
Fitur Variable Rate Shading (VRS) diperkenalkan sebagai teknologi rendering generasi terbaru di mobile yang meningkat hingga 30 persen. Fitur tambahan lainnya adalah Qualcomm Quick Touch yang berfungsi meningkatkan responsitivitas serta menekan latensi lebih rendah hingga 20 persen.
 
5. Keamanan
Qualcomm membawa teknologi Secure Processing Unit, Trusted Execution Environment, dan Wireless Edge Services untuk paket rpivasi data dan keamanan perangkat yang terhubung lewat layanan cloud sehingga bekerja secara real-time.
 
Teknologi Type-1 Hypervisor baru yang dibawa Snapdrahon 888 menyediakan fitur keamanan dan isolasi data antara aplikasi dan sistem oeprasi bersamaan. Kolaborasi Qualcomm dengan Truepic juga membuat chipset ini bisa mengangkap foto yang terkunci secara kriptografis untuk mendukung standar Content Autenticity Initiative yang dirancang Adobe.
 
6. Perfoma
Snapdrago
n 888 degan favrikasi 5nm diklaim menyediakan peningkatana performa hingga 25 persen di CPU Kryo 680 dibandingkan pendahulunya. Kecepatannya diklaim bisa mencapai 2,84GHz. Di kemampuan grafis, GPU Adreno 660 diklaim menyajikan peningkatan 35 persen untuk rendering grafis dibandingkan seri sebelumnya.
 
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif