“Microsoft sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dan Bukalapak sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang berfokus ke UMKM, bekerjasama dan meluncurkan program belajar digital bareng ini dengan harapan, melalui teknologi kami dapat menjangkau lebih banyak UMKM, memberikan lebih banyak manfaat, dan menjadikannya UMKM berkualitas dan berdaya saing”, ujar CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin.
Inisiatif ini juga bertujuan untuk membantu pelaku UMKM meraih lebih banyak kesempatan dan berkontribusi pada terbangunnya dampak sosial dan ekonomi berkelanjutan di Tanah Air. Melalui program ini, pelapak dan Mitra Bukalapak yaitu pemilik warung serta agen individual di seluruh Indonesia untuk mengikuti pelatihan digital.
Pelatihan digital tersebut meliputi topik dari penggunaan komputer, berkomunikasi via online, hingga membuat konten digital, berkolaborasi dan mengelola konten secara digital, serta menggunakan teknologi secara aman dan bertanggung jawab.
Kehadiran program ini didasarkan pada data bahwa UMKM merupakan salah satu penyokong ekonomi Indonesia, dan memiliki peran penting dalam mendorong jalannya roda perekonomian.
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah mencatat setidaknya terdapat lebih dari 64 juta unit UMKM yang berkontribusi 97 persen terhadap total tenaga kerja dan 60 persen PDB nasional.
Oleh karena itu, membekali pelaku UMKM dengan kemampuan digital adalah suatu langkah krusial guna mendorong perkembangan dan kapasitas bisnis sektor usaha ini. Platform Belajar Digital Bareng Bukalapak Microsoft ini diluncurkan secara resmi pada bulan Maret tahun 2021 ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News