Desain kamera belakang lini iPhone 11 Pro memicu keresahan penderita trypophobia.
Desain kamera belakang lini iPhone 11 Pro memicu keresahan penderita trypophobia.

Desain iPhone 11 Picu Keresahan Penderita Trypophobia

Teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 12 September 2019 07:59
Jakarta: Apple mengumumkan model iPhone bari pada Selasa lalu, dengan dukungan sejumlah teknologi dan desain ponsel yang mendapat sambutan baik dari penggemar teknologi, meski sejumlah lain mengeluhkan soal harga yang masih dinilai tinggi.
 
Menariknya, desain tiga kamera belakang pada iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max menimbulkan keresahan pada penderita trypophobia. Sejumlah pengguna media sosial mengaku bahwa desain tiga kamera pada lini iPhone 11 Pro ini memicu trypophobia yang dideritanya.
 
Sebagai informasi, trypopobia merupakan ketakutan intensif dan irasional terhadap lubang kecil dan kumpulan lingkaran serta benjolan, seperti pada larang madu lebah, bunga teratai, spons, atau gelembung busa sabun mandi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


CNN melaporkan penelitian terkait trypophobia masih terbatas, namun ilmuwan visual Universitas Essex Inggris Geoff Cole menyebut bahwa penderita trypophobia menimbulkan reaksi berbeda saat kumpulan lubang kecil, dari sekadar tidak nyaman hingga kecemasan berlebih.
 
Menurut penelitian dari Universitas Essex Inggris, fobia ini muncul karena merangsang stimuli karakteristik visual dasar serupa organisme berbahaya. Gambar trypophobia umumnya tampil dengan kontras warna tinggi di frekuensi spasial mid-range.
 
Cole menjelaskan bahwa kontras pada gambar ini tampil dari terang ke gelap sebanyak tiga atau empat kali per sentimeter, dan memiliki komposisi spektral sangat unik, terkait dengan kecerahan dan kontras, hal tidak umum ditemukan di alam, kecuali pada hewan beracun.
 
Selain itu, Cole juga menyebut bahwa penelitiannya menampilkan sebesar 16 persen populasi orang dewasa di Inggris mengaku gambar pod teratai, dinilai sebagai gambar trypophobia umum, menimbulkan ketidaknyamanan dan kegelisahan saat dilihat.
 
Apple resmi mengumumkan smartphone terbaru karyanya, iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. iPhone 11 ditawarkan dengan harga dari USD699 (Rp9,8 juta), sedangkan iPhone 11 Pro dari USD999 (Rp14 juta) dan iPhone 11 Pro Max dari USD1.099 (Rp15,4 juta).
 
Program pre-order untuk ketiga iPhone baru ini akan diselenggarakan pada Jumat, 13 September mendatang, sedangkan tanggal peluncuran resmi iPhone 11 dijadwalkan pada tanggal 20 September mendatang.
 
iPhone 11 digadang sebagai penerus iPhone XR dan hanya berbekal dua kamera di bagian belakang, sedangkan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max berbekal tiga kamera di bagian belakangnya.
 
Program pre-order untuk ketiga iPhone baru ini akan diselenggarakan pada Jumat, 13 September mendatang, sedangkan tanggal peluncuran resmi iPhone 11 dijadwalkan pada tanggal 20 September mendatang.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif