WhatsApp meluncurkan pengaturan privasi baru untuk fitur percakapan Grup pada aplikasi pesan instannya.
WhatsApp meluncurkan pengaturan privasi baru untuk fitur percakapan Grup pada aplikasi pesan instannya.

Pengaturan Privasi Baru untuk Grup WhatsApp

Teknologi media sosial teknologi whatsapp
Lufthi Anggraeni • 07 November 2019 20:33
Jakarta: WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Hal ini turut meningkatkan potensi bahaya soal keamanan privasi yang mengintai pengguna aplikasi ini.
 
Menyadari hal tersebut, WhatsApp menghadirkan pengaturan privasi untuk salah satu fitur yang ditawarkannya yaitu Grup. Melalui pengaturan ini, WhatsApp berharap dapat memberikan kendali lebih besar kepada pengguna menyoal percakapan mereka di Grup.
 
"Setelan privasi terbaru untuk Grup yang diumumkan pada hari ini dibuat berdasarkan sejumlah langkah yang telah kami tempuh, termasuk di pembaruan produk dan kampanye kesadaran publik untuk membantu mengatasi isu misinformasi," ujar Direktur Kebijakan APAC WhatsApp.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pertemuannya dengan Menteri Komunikasi bersama dengan Facebook, WhatsApp menyampaikan komitmennya dan perusahaan induknya tersebut untuk mendukung komunitas dan pelaku usaha di Indonesia,
 
Selain itu, WhatsApp juga memperkenalkan pengaturan ini yang mengusung sistem baru dalam mengundang calon anggota grup, berkemampuan menentukan pengguna WhatsApp yang dapat bergabung dalam percakapan Grup.
 
Untuk dapat memanfaatkan pengaturan ini, pengguna perlu mengakses menu Pengaturan dalam aplikasi, lalu Akun, Privasi, serta Grup. Pada menu Grup, pengguna harus memilih satu dari tiga opsi yang tersedia, yaitu Semua Orang, Kontak Saya atau Kontak Saya Kecuali.
 
Sesuai namanya, Kontak saya artinya pengguna lain yang terdaftar dalam kontak yang dapat memasukkan ke pengguna ke Grup. Sedangkan Kontak Saya Kecuali artinya pengguna dapat memilah pengguna lain di daftar kontak mereka, yang berkemampuan menambahkan pengguna ke Grup.
 
Sementara itu, admin Grup yang tidak dapat menambahkan pengguna ke Grup akan diminta untuk mengirimkan undangan melalui percakapan pribadi. Namun, pengguna tetap memiliki pilihan untuk menerima atau menolak undangan tersebut.
 
WhatsApp menyebut pengguna penerima undangan memiliki waktu hingga tiga hari untuk menerimanya, dan secara otomatis akan menolak jika dalam kurun waktu tiga hari tersebut tidak memberikan keputusan.
 
Pengaturan privasi ini, jelas WhatsApp, telah digulirkan kepada sejumlah pengguna sejak tanggal 6 November lalu, dan akan tersedia secara lebih luas untuk pengguna di seluruh dunia dalam beberapa hari mendatang.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif