Dell G generasi terbaru di Computex 2019
Dell G generasi terbaru di Computex 2019

Peran PC yang tak Bakal Tergeser Smartphone

Teknologi dell Computex 2019
Mohammad Mamduh • 30 Mei 2019 07:09
Taipei: Berkurangnya pangsa pasar dalam beberapa tahun terakhir memberikan anggapan peran PC yang akan hilang dan tergantikan smartphone. Produsen seperti Dell menyebut bahwa kedua perangkat tersebut tidak punya peran saling menggantikan.
 
Hal ini diungkapkan Senior Vice President dan General Manager Dell Ray Wah dalam wawancara di Computex 2019. “Bagaimanapun ponsel tidak akan mengganti peran PC,” katanya.
 
Ray memberi contoh sekitar 5-6 tahun lalu, saat muncul tablet sebagai perangkat berlayar lebar dan menyajikan fitur yang intuitif, orang beranggapan bahwa tablet akan menggeser peran PC.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kenyataannya tidak, tablet justru tidak mendapatkan tempat yang cukup besar dalam industri gadget. “Beberapa pengalaman hanya bisa didapatkan lewat PC. Hal yang paling terlihat adalah orang ingin menonton video dengan layar yang lebih besar. Belum tentu mereka suka dengan layar yang lebih kecil.”
 
Dari segi produktivitas, smartphone terkenal dengan kemudahan akses, dan PC lebih sanggup menjalankan perintah yang lebih kompleks.
 
Terlihat bahwa kedua perangkat sebenarnya bisa saling melengkapi. Dell mencoba memberikan jembatan lewat Dell Mobile Connect.
 
Aplikasi ini diklaim bisa menghubungkan smartphone dan PC, membantu produktivitas pengguna ketika ingin memindahkan pekerjaan mereka antar perangkat. “Terlepas sistem operasi yang dipakai.”
 
Mengacu pada data Statista, pangsa pasar Dell untuk PC tetap berada di atas 15 persen sepanjang 2018. Ini membuat Dell menduduki posisi ketiga setelah Lenovo dan HP.
 
Tahun lalu, total pengirimpan PC secara global mencapai 259 juta unit, dan Dell memberikan kontribusi hampir 42 juta unit. Melihat perkembangannya, pengiriman PC memang tidak mengalami peningkatan sejak 2011, yang pada saat itu mencapai 360 juta unit.
 
Namun, para pemain besar termasuk Dell dinilai berhasil mempertahankan penjualan mereka, bahkan meningkatkan pangsa pasar, di saat jumlah pengiriman secara global turun.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif