Laptop ASUS ProArt StudioBook One.
Laptop ASUS ProArt StudioBook One.

Dua Laptop Anyar ASUS ProArt Pasang Quadro 6000 dan Desain Nyentrik

Teknologi asus hardware
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 20 Januari 2020 22:41
Taipei: Setelah Expertbook, dalam ajang Asus Refresh 2020 di Taiwan, ada dua laptop yang menghadirkan karakteristik cukup menarik.
 
Kedua laptop ini masuk dalam kelas ProArt, dengan nama lengkap ProArt Studio Book One W590 dan Studio Book X W730. ProArt sendiri merupakan laptop yang menyasar kalangan profesional kreator konten, mengandalkan kreasi konten sebagai sumber pendapatan utama.
 
Dalam judul berita ini, kami menyebut desain nyentrik, yang sejatinya terpasang pada ProArt StudioBook One. Desain berbeda dari laptop pada umumnya langsung terlihat saat ketebalan keyboard yang tidak biasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sangat tipis karena ternyata semua komponen terpasang di belakang layar. Biasanya, desain ini tersedia pada perangkat semi tablet seperti Microsoft Surface.
 
Dalam presentasinya pihak Asus menyebutkan desain ini dilengkapi dengan penutup bodi belakang yang fleksibel, sehingga saat layar laptop dibuka, penutup belakangnya bergerak menyesuaikan sudut, memberikan ruang sirkulasi udara yang dianggap memadai untuk mendukung kinerja dapur pacu yang terpasang. Namun, dimensinya secara keseluruhan tetap tergolong tipis.
 
Dua Laptop Anyar ASUS ProArt Pasang Quadro 6000 dan Desain Nyentrik
 
“Kita juga menggunakan lapisan titanium alloy, yang biasa dipakai pada industri penerbangan dan antariksa,” ungkapnya. Material ini dikenal punya daya tahan kuat terhadap gesekan dan panas, sehingga layak menopang komponen di dalamnya.
 
Sebagai laptop untuk kreator konten profesional, yang diklaim berada pada piramida teratas untuk kelas kreator konten, ia punya spesifikasi kelas atas.
 
Asus ProArt StudioBook One mengadopsi prosesor Intel Core i9-9980HK, berduet dengan kartu grafis NVIDIA Quadro RTX 6000 dengan VRAM hingga 24GB. Layarnya mendukung resolusi 4K, refresh rate 120Hz, 100% Adobe RGB warna gamut, dan tersertifikasi Pantone. Konektivitasnya menyediakan dua port Thunderbolt 3.
 
Dua Laptop Anyar ASUS ProArt Pasang Quadro 6000 dan Desain Nyentrik
 
Sementara ProArt StudioBook X menggunakan desain yang lebih umum. Namun, Asus mengaku mereka mencari model yang terinspirasi dari berbagai objek yang telah diciptakan manusia, termasuk mebel.
 
Alasannya adalah desain ini lebih modern dan trendi. Salah satu karakteristiknya adalah garus berwarna emas yang berada di dekat engsel layar.Terdapat penanda khusus yang memisahkan keyboard dan touchpad, sehingga pengguna bisa mengetahui perbedaannya saat tidak melihat.
 
Layarnya mengusung aspek rasio 16:10, yang dinilai tepat untuk menjalankan aplikasi kreasi konten. Sisa layar pada sisi bawa dimanfaatkan untuk menampilkan berbagai bar yang biasanya mengurangi luas panel utama editing.
 
Untuk spesifikasinya Asus ProArt StudioBook One menggunakan prosesor Intel Xeon atau Core i9, dan kartu grafis NVIDIA Quadro RTX 5000. Asus menargetkan keduanya tersedia untuk pasar Indonesia, tetapi belum ada kepastian untuk tanggal peluncuran dan harga yang akan dipatok.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif