Fitur baru WhatsApp Business.
Fitur baru WhatsApp Business.

WhatsApp Business Permudah UMKM Indonesia Beriklan di Facebook dan Instagram

Cahyandaru Kuncorojati • 28 Juni 2023 13:25
Jakarta: Pada peringatan hari UMKM Internasional pada tanggal 27 Juni, Meta Indonesia mengumumkan fitur baru pada WhatsApp Business yang memungkinkan lebih dari 200 juta penggunanya lebih mudah dalam beriklan.
 
Fitur baru ini memungkinkan pengguna WhatsApp Business yaitu UMKM untuk membuat iklan Facebook dan Instagram yang mengarahkan ke WhatsApp tanpa memerlukan akun Facebook.
 
Hal tersebut diklaim akan mempermudah pengguna WhatsApp Business untuk terhubung ke lebih banyak konsumen. Jadi mereka dapat membuat, membeli, dan menayangkan iklan Facebook atau Instagram langsung dalam aplikasi WhatsApp Business.

Para pengguna atau UMKM cukup menyertakan alamat email dan metode pembayaran. Saat orang mengklik iklan tersbeut mereka akan langsung terhubung ke chat WhatsApp untuk meneruskan percakapan terkait produk dan jasa hingga membelinya.
 
Pihak Meta Indonesia mengklaim fitur ini akan sangat memudahkan pebisnis bertemu konsumen dan membuka peluang lebih besar bagi bisnis mereka, khususnya bisnis kecil.
 
“Usaha kecil di Indonesia telah menjadi pelopor dalam mengadopsi digital tools untuk membawa bisnis mereka secara online dengan sukses,” kata Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia.
 
BACA JUGA: Fitur Baru WhatsApp Bisa Login di 4 Hape Sekaligus, Buat Apa Sih?
 
“Fitur-fitur baru ini akan memberi mereka akses ke alat yang secara tradisional hanya tersedia untuk bisnis besar dan membantu mereka melakukan hal yang paling penting—terhubung dengan pelanggan dan tumbuh,” tuturnya.
 
Pieter menyebutkan bahwa WhatsApp Business juga sedang melakukan uji coba fitur baru berupa pesan yang bisa dipersonalisasikan untuk dikirim kepada pelanggan UMKM, misalnya pengingat ulang tahun atau informasi diskon.
 
Jadi, dibandingkan harus mengirimkan pesan yang sama secara manual ke beberapa pelanggan, fitur baru ini akan memberikan kemampuan kepada bisnis untuk mengirimkan pesan pribadi berisi nama pelanggan.
 
Di dalamnya juga akan ada tombol ajakan bertindak yang dapat disesuaikan ke daftar pelanggan tertentu seperti mereka yang memiliki label khusus, misalnya “pelanggan VIP” atau “pelanggan baru”.
 
Pengguna WhatsApp Business juga bisa menjadwalkan hari dan waktu pengiriman pesan, dan kemudian melihat efektivitasnya. Beberapa UMKM di Indonesia sudah merasakan manfaat fitur baru WhatsApp Business, salah satunya Sambal Bu Rudy.
 
“Di saat teknologi berkembang pesat, seorang pemilik bisnis harus bisa beradaptasi. Semua pelanggan kami ada di WhatsApp, jadi penting bagi kami sebagai bisnis untuk turut menggunakan WhatsApp agar terhubung dengan supplier dan pelanggan,” kata Bu Rudy.
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan