Ilustrasi. (Telkomsel)
Ilustrasi. (Telkomsel)

Perluas Jangkauan 5G, Telkomsel Tambah 5 Kota

Teknologi teknologi Telkomsel telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 08 Juni 2021 10:13
Jakarta: Resmi melakukan komersialisasi jaringan internet seluler 5G pada 27 Mei lalu kini Telkomsel langsung mengebut cakupan akses ke koneksi internet tercepat ini.
 
Telkomsel mengumumkan tambahan lima kota di Indonesia yang mendapatkan koneksi internet tercepat ini.
 
Apabila sebelumnya Telkomsel sudah menyediakan akses 5G pada sejumlah kawasan di Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kini 5G Telkomsel juga hadir serentak di Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, Denpasar. Perluasan bertahap dan terukur ini dilakukan untuk segera mendorong ekosistem digital lintas sektor.
 
"Hadirnya layanan Telkomsel 5G di lima kota ini menjadi wujud komitmen Telkomsel sebagai the first 5G operator in Indonesia dalam menghadirkan akses konektivitas digital terdepan yang akan semakin mendorong keterbukaan peluang-peluang yang lebih luas lagi untuk segala kemungkinan, termasuk dalam hal pemberdayaan masyarakat dan transformasi sektor industri," ujar Direktur Network Telkomsel Nugroho.
 
"Komitmen kami selanjutnya adalah memastikan 5G tersedia untuk semua orang di Indonesia, baik untuk segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri," tambahnya.
 
Dia meyakini bahwa kehadiran 5G Telkomsel mampu meningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor-sektor unggulan di kota-kota tersebut.
 
Jaringan 5G Telkomsel yang mengandalkan pita frekuensi 2,3 GHz dan bisa dirasakan dengan smartphone 5G yang mendukung 5G band n40. Sejumlah smartphone yang sudah mendukung 5G atau 5G ready tetap harus menunggu update untuk membuka (unlock) dukungan 5G di spesifikasi tersebut.
 
5G Telkomsel diklaim lebih kencang dan bisa diandalkan dibandingkan 4G. Kecepatannya diklaim mencapai 20Gbps atau 20 kali lipat lebih cepat dari 4G untuk kecepatan unduh (download).
 
Latensinya juga mencapai 1ms atau 10 kali lebih rendah dari 4G serta mampu menyediakan koneksi untuk sekitar satu juta perangkat di radius satu kilometer persegi atau 10 kali lipat dibandingkan 4G.
 
Telkomsel juga sebelumnya sudah merilis paket layanan untuk 5G yaitu paket Early Bird 5G harga Rp26 ribu untuk kuota data 126GB. Namun untuk mendapatkan ini ditentukan lewat sistem undangan.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif