Microsoft ingin menghapus password dari Windows 10. (Drew Angerer / Getty Images / AFP)
Microsoft ingin menghapus password dari Windows 10. (Drew Angerer / Getty Images / AFP)

Microsoft Ingin Hapus Password dari Windows 10

Teknologi microsoft windows 10
Ellavie Ichlasa Amalia • 12 Juli 2019 12:52
Jakarta:Microsoft berencana membuat PC Windows 10 menjadi lebih aman tanpa password. Beberapa bulan belakangan, Microsoft memang berusaha menghilangkan password dari Windows 10 dan Microsoft Accounts.
 
Update untuk Windows 10 yang berikutnya merupakan langkah lain dari Microsoft untuk menghilangkan password.
 
Tanpa password, Anda bisa mengunci PC anda dengan sistem pengenalan wajah Windows Hello, sensor sidik jari, atau kode PIN. Jika Anda memutuskan untuk menghilangkan password, baris password pada halaman login di Windows 10 akan menghilang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut laporan The Verge, alasan Microsoft ingin menghilangkan password adalah karena keberadaan kata sandi justru membuat perangkat menjadi tidak aman. Banyak pengguna yang menggunakan satu password untuk banyak situs dan pada PC mereka.
 
Jadi, ketika layanan itu diserang dan password para pengguna bocor, hacker bisa menggunakan password curian untuk meretas perangkat pengguna. Meskipun banyak layanan yang menawarkan fitur autentikasi dua faktor, tidak banyak yang menggunakannya.
 
Microsoft merasa, kode PIN lebih aman dari password, meski kode PIN hanya terdiri dari empat angka. Alasannya karena kode itu hanya tersimpan pada perangkat dan tidak tersebar secara online.
 
Windows 10 menyimpan kunci pribadi Anda di Trusted Platform Module (TPM), sebuah chip yang mengamankan password di perangkat Anda. Jadi, meskipun server diretas atau ada pencurian password dari layanan tertentu, nomor Windows Hello PIN Anda akan tetap aman.
 
Microsoft kini berusaha mendorong pengguna untuk tidak menggunakan password pada Windows 10. Mereka juga akan melakukan hal ini pada pengguna bisnis mereka via Azure Active Directory, memungkinkan pelanggan bisnis untuk mengganti password dengan security key, aplikasi autentikasi, atau Windows Hello.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif