MediaTek mengumumkan modem 5G pertamanya, Helio M70 paling cepat pada akhir tahun 2019 ini.
MediaTek mengumumkan modem 5G pertamanya, Helio M70 paling cepat pada akhir tahun 2019 ini.

MediaTek: Modem 5G Helio M70 Meluncur Akhir Tahun

Teknologi teknologi mediatek hardware
Lufthi Anggraeni • 16 Oktober 2019 09:17
Jakarta: Euforia menyambut kehadiran jaringan 5G semakin terasa di berbagai penjuru dunia, salah satunya berkat kesiapan produsen chipset prosesor dan modem jaringan sebagai komponen utama mendukung kemampuan perangkat dalam memanfaatkan jaringan ini.
 
Tidak terkecuali dengan MediaTek yang telah mempersiapkan modem 5G pertamanya yaitu Helio M70. Setelah mengonfirmasi keberadaan Helio M70, MediaTek mengumumkan bahwa perusahaannya tengah mempersiapkan modem ini di sejumlah prosesor terbaru.
 
“Paling cepat akan kami umumkan menyoal M70 ini pada akhir tahun ini, atau paling lambat awal tahun depan. Tapi lebih cenderung di awal tahun depan,” ujar Senior Manager Corporate Sales Mediatek Asia Afrika, Pang Sui Yen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun demikian, Sui Yen enggan memberikan informasi lebih lanjut terkait dengan Helio M70 ini. Sui Yen menegaskan bahwa perusahaannya tengah mempersiapkan dua prosesor terbaru untuk tahun 2019 ini, dan keduanya bukan prosesor dengan dukungan modem 5G.
 
Demikian halnya saat disinggung menyoal mitra produsen smartphone yang tengah mengutarakan minat untuk menggunakan prosesor terintegrasi modem 5G karyanya. MediaTek dengan enggan menyebut bahwa saat ini perusahaannya telah mendekati sejumlah vendor, meski belum dapat dikomersialisasikan.
 
Selain itu, MediaTek juga mengumumkan kehadiran prosesor Helio G90, menyasarsmartphone gaming dengan penawaran harga terjangkau. Sui Yen mengaku optimistis prosesor ini dapat bersaing dengan prosesor karya kompetitor seperti Snapdragon 730G.
 
Tidak hanya dengan prosesor gaming kelas menengah, MediaTek turut mengklaim Helio G90 lebih unggul di sejumlah poin, jika dibandingkan dengan prosesor kelas unggulan Qualcomm, yaitu Snapdragon 855.
 
Sebagai informasi, Helio G70 ini berbekal chipset Arm Cortex A76 dan Cortex A55, bertugas menangani berbagai tugas. Chipset ini didampingi oleh GPU Arm Mali G76 berkecepatan hingga 800Mhz, dan ditujukan untuk smartphone gaming.
 
Helios G90 juga didukung oleh Networking Engine, teknologi berkemampuan memprediksi stabilitas dan kekutan jaringan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), sehingga memungkinkan peralihan koneksi antara smartphone dan jaringan seluler secara otomatis tanpa ada lag.
 
Selain itu, Helio G90 juga didukung Rapid Response Engine, berkemampuan mempercepat respon layar ke prosesor, diklaim mampu menyuguhkan performa lebih baik saat bermain game di smartphone.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif