Ilustrasi.
Ilustrasi.

Robot Bisa Bantu Perusahaan Menghemat

Teknologi robot
Ellavie Ichlasa Amalia • 30 Mei 2018 14:29
Jakarta:Universal Robot membantu JVC Electronics Indonesia (JEIN) untuk meningkatkan produktivitas, kualitas produk dan menghemat biaya hingga USD80 ribu (Rp1,1 miliar) melalui otomatisasi menggunakan robot. Tidak hanya itu, otomatisasi juga bisa membuat pekerja menjadi lebih aman.
 
"Pengintegrasian teknologi robot kolaboratif sudah cukup luas dalam industri elektronik, memungkinkan dicapainya tingkat produktivitas yang lebih tinggi, meningkatkan keselamatan dan mengurangi beban karyawan dari tugas yang berulang dan berat,"kata Shermine Gotfredsen, General Manager, Asia Tenggara dan Oceania, Universal Robots.
 
Di Indonesia, robot kolaboratif atau cobot telah digunakan di beberapa industri seperti otomotif, elektronik, alas kaki dan tekstil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Universal Robots menjelaskan berbeda dengan robot tradisional, cobot biasanya tidak memiliki bodi terlalu besar dan dapat bergerak dengan lincah. Selain itu, cobot memiliki harga yang lebih terjangkau dan bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
 
Robot Bisa Bantu Perusahaan Menghemat
 
Industri elektronik adalah salah satu sektor yang menggunakan cobot. Dalam sektor ini, cobot digunakan untuk perakitan, inspeksi dan pengujian, pengepakan, pembuangan dan juga menata serta melapisi papan sirkuit.
 
Pada tahun 2015, diketahui bahwa sektor industri elektronik adalah penyerap industri cobot terbesar kedua. Pada 2021, diperkirakan sektor industri elektronik akan menanamkan investasi sebesar USD475 juta (Rp6,6 triliun) dalam bentuk cobot.
 
Di Indonesia, industrk elektronik merupakan penyumbang PDB (Pendapatan Domestik Bruto) terbesar keempat di sektor manufaktur.
 
Dengan wacana Making Indonesia 4.0, pemerintah berusaha untuk mengubah keadaan sektor industri. Salah satunya dengan fokus pada pengembangan robotika.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif