Ramadan 2018

Giatkan Baca Al-Qur'an Selama Ramadan via Aplikasi Ini

Lufthi Anggraeni 18 Mei 2018 14:34 WIB
aplikasiRamadan 2018
Giatkan Baca Al-Quran Selama Ramadan via Aplikasi Ini
Berikut tiga aplikasi AL-Qur'an digital yang dapat Anda akses untuk dibaca dimana saja.
Jakarta: Bulan Ramadan merupakan salah satu bulan penting dalam kalendar Islam, sebab memberikan peluang bagi umat muslim untuk memperoleh pahala lebih banyak dari bulan lainnya.

Selain berpuasa, di bulan ini, umat muslim juga disarankan melakukan ibadah lain, salah satunya adalah membaca Al-Quran.

Perkembangan ranah digital terutama berkat adopsi smartphone yang tinggi, menghadirkan kemudahan bagi pengguna beragama Islam untuk melakukan ibadah membaca Al-Qur'an, melalui ketersediaan aplikasi A-Qur'an di toko aplikasi Google Play Store.


Aplikasi Al-Qur'an ini memungkinkan Anda membaca kitab suci umat Islam tersebut dimana saja, tanpa perlu mengkhawatirkan bobot tambahan yang dihadirkan oleh Al-Qur'an dalam bentuk fisik.

Berikut kami sajikan tiga aplikasi pilihan dari Google Play Store yang mempermudah Anda dalam mengakses dan melakukan aktivitas membaca Al-Qur'an.

1. Muslim Pro


Aplikasi menghadirkan sejumlah fitur pendukung kegiatan keagamaan, termasuk Al-Qur'an versi digital. Selayaknya Al-Quran versi digital lain, fitur pada Muslim Pro turut menghadirkan daftar surah yang terdapat pada A-Qur'an.

Pada bagian atas halaman berisi daftar surah Al-Qur'an, Anda dapat menemukan fitur bertajuk Last Read Position. Seperti namanya, fitur ini akan menampilkan posisi terakhir dari surat yang Anda baca sebelum menutup halaman surat tersebut.

Sementara itu, mengakses surat tertentu akan menampilkan ayat suci Al-Qur'an beserta terjemahannya yang dalam bahasa yang dapat dipilih. Selain itu, ayat suci Al-Qur'an pada aplikasi ini juga hadir dengan warna berbeda, menandai tajwid atau tanda baca ayat.

Untuk mengakses ayat pada surah Al-Qur'an digital ini dapat dilakukan pengguna dengan menggulirkan layar ke arah atas atau bawah. P

ada masing-masing ayat terdapat menu tiga titik di sudut kiri atas yang dapat diakses dengan mengetuk ayat atau ikon, berisi sejumlah opsi untuk menandai ayat telah dibaca, ditandai bintang, diberi catatan, dibagikan pada gambar yang tersedia dan dapat dipilih, serta diunduh agar dapat didengarkan secara offline.

Pengguna juga akan medapat menemukan opsi untuk beralih dari satu surah ke surah lain dengan mengetuk ikon panah ke arah kanan atau kiri, mengatur ukuran huruf, dan mengganti tema latar belakang Al-Quran di bagian bawah layar.

2. Al-Quran Indonesia


Sesuai namanya, aplikasi ini akan menyambut Anda dengan tampilan menu dan isi secara langsung dalam bahasa Indonesia. Serupa aplikasi lain, selain Al-Quran, aplikasi ini juga menyuguhkan menu jadwal salat yang ditampilkan sesuai dengan deteksi lokasi. 

Pada tampilan menu awal, Anda akan menemukan menu Baca Al-Qur'an yang dapat diakses untuk menampilkan surah-surah Al-Qur'an. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunduh surat, memudahkan untuk dibaca saat tidak memiliki akses internet.

Namun, aplikasi ini menghadirkan tab pada menu Baca Al-Qur'an berisi pengelompokan berdasarkan surat, juz, serta ayat yang Anda tandai. Anda juga dapat mendengarkan pembacaan ayat via audio, pada menu yang dapat ditemukan setelah menekan kolom ayat selama beberapa saat, meski fitur ini baru dapat berfungsi jika ayat atau surah telah diunduh terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda membagikan dan menyalin ayat, mendampingi fitur menambahkan ke bookmark dan menandai ayat yang terakhir kali dibaca.

3. Quran


Pertama kali mengakses aplikasi ini, Anda akan diminta untuk mengunduh data yang diperlukan agar aplikasi dapat berfungsi. Pada halaman awal, Quran menampilkan tiga tab terdiri dari surah, juz dan bookmarks. Namun pada tab surat, tidak hanya menampilkan ayat yang dikelompokan per surah, aplikasi juga menampilkan bagian dari surah yang telah masuk ke juz tertentu.

Aplikasi ini tidak menampilkan terjemahan secara langsung mendampingi ayat Al-Qur,an, namun menyediakannya dalam salah satu pilihan bahasa pada fitur pembacaan via audio yang dapat diakses di bagian bawah layar.

Anda dapat menekan ayat Al-Qur'an selama beberapa saat untuk menampilkan opsi bookmark, menandai, berbagi, mencari terjemahan dan memutar pembacaan ayat via audio.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.