Sejumlah Baterai iPhone Bermasalah Setelah Pasang iOS 11.4

Lufthi Anggraeni 14 Juni 2018 15:27 WIB
apple
Sejumlah Baterai iPhone Bermasalah Setelah Pasang iOS 11.4
Sejumlah pemilik iPhone mengeluhkan permasalahan baterai setelah melakukan update ke iOS 11.4.
Jakarta: Sejumlah pengguna iPhone mengeluhkan permasalahan baterai pada perangkat model lama mereka setelah melakukan update iOS ke versi 11.4, pada halaman forum Apple Communities. Permasalahan tersebut menyebabkan daya baterai terkuras habis secara cepat.

Satu pengguna iPhone 6 menyebut bahwa sejak melakukan update, daya baterai perangkatnya habis dengan cepat meski ponsel tidak digunakan.

Pengguna tersebut juga mengklaim bahwa daya pada baterai kini hanya dapat mendukung perangkat selama setengah hari, berkurang secara signifikasi dari sebelumnya yaitu satu hari.


Sementara itu, pemilik iPhone 6s menyebut bahwa ponselnya kehilangan 60 persen dari usia baterainya dalam kurun waktu satu malam. Selain itu, pemilik iPhone 6s ini juga menyebut bahwa iPad mini 4 miliknya turut mengalami permasalahan yang sama.

Pemilik iPhone lain mengeluhkan perangkatnya menghabiskan daya baterai sebanyak 20 persen setiap 20 detik. Sebagian besar keluhan yang disampaikan pada forum tersebut merupakan permasalahan terkait pengurangan daya baterai secara signifikan, yang terjadi pada Apple iPhone 6 atau iPhone 6S.

Namun beberapa unggahan keluhan juga menampilkan bahwa permasalahan ini juga dialami oleh iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Sejumlah pengguna pada forum tersebut mengunggah tips seperti menonaktifkan Wi-Fi yang menurunkan penggunaan baterai dari 10 persen per jam menjadi satu persen.

Sementara itu, sejumlah pengguna lain menyarankan pemilik perangkat bermasalah untuk menonaktifkan layanan Location.

Petunjuk lain yang dinilai membantu termasuk keluar dari tab peramban yang terbuka, mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di latar, dan menonaktifkan pengaturan Bluetooth saat tidak digunakan, serta menonaktifkan pengaturan backup iCloud saat tidak melakukan backup.

Sejauh ini, Apple belum mengeluarkan tanggapan resmi terkait dengan permasalahan ini. Pemilik iPhone yang mengalami permasalahan tersebut setelah menginstal iOS 11.4 disarankan untuk segera memberitahu.



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.