Ilustrasi
Ilustrasi

AdXelerate, Terobosan Programmatic Ads Telkom Biar Bisnis Makin Cuan

Mohamad Mamduh • 12 Oktober 2025 18:11
Jakarta: Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang kian pesat turut mendorong perkembangan industri periklanan digital sebagai salah satu motor penggerak dalam mendukung pertumbuhan bisnis.
 
Di tengah persaingan industri yang semakin ketat, para pelaku usaha menghadapi tantangan untuk dapat menjangkau audiens yang tepat sasaran sekaligus tetap efisien dalam beriklan.
 
Menjawab tantangan tersebut, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Metra Digital Media (MDMedia), menghadirkan AdXelerate, platform programmatic advertising berbasis data telco terbesar di Indonesia.

AdXelerate hadir sebagai solusi periklanan digital yang lebih efisien, relevan, dan tepat sasaran bagi para pengiklan. Platform ini merupakan hasil kolaborasi Telkom Group melalui MDMedia dengan Telkomsel bersama mitra strategis dalam penyediaan data dan marketing technology.
 
Layanan inovatif ini akan membawa periklanan digital ke pasar Indonesia, dengan AdXelerate akan memberikan layanan spesifik bagi para pengiklan untuk menampilkan produk mereka di berbagai layanan portal berita nasional, sehingga mencapai lebih dari 150 juta konsumen resmi Telkomsel.
 
AdXelerate memanfaatkan big data analytics yang dirancang dan dikembangkan untuk menampilkan iklan secara lebih efisien. Berbeda dengan advertorial programmatic lainnya yang bertumpu pada data terbatas, AdXelerate menggunakan data dari berbagai first-party data untuk menargetkan audiens dengan cara yang lebih akurat dan lengkap. Hasilnya, promosi produk akan mencapai target spesifik dan nyata, sesuai dengan kebutuhan bisnis.
 
Direktur Strategic Business Development and Portfolio Telkom, Seno Soemadji, menyampaikan bahwa AdXelerate tidak hanya memberikan solusi periklanan digital yang inovatif dan efisien, tetapi juga merupakan langkah strategis perusahaan dalam membangun fondasi ekonomi digital Indonesia yang berdaya saing global. Dengan pemanfaatan teknologi terkini dan dukungan berbagai mitra strategis, platform ini mampu menciptakan peluang pertumbuhan bagi para pelaku usaha di Indonesia.
 
Selaras, Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Veranita Yosephine, menjelaskan bahwa ekosistem solusi digital yang dihadirkan melalui Telkom Solution selalu mengedepankan kebutuhan para pelaku usaha di Indonesia. Kehadiran AdXelerate powered by Telkom Solution ini menjadi kabar baik bagi para pelaku industri dalam menjawab tantangan bisnis.
 
Direktur Utama MDMedia, Arif Prabowo, menambahkan bahwa AdXelerate akan membantu pengiklan menjangkau target audiens dengan lebih presisi. Platform ini juga telah memperhatikan kepatuhan terhadap undang-undang perlindungan data pribadi, menjaga keseimbangan antara efektivitas pemasaran dan perlindungan hak privasi pelanggan. AdXelerate terbuka untuk bermitra dan berkolaborasi dengan first-party data lainnya untuk memberikan nilai lebih pada pemilik brand.
 
Jayant Bhargava, Country Managing Director Accenture Indonesia, menyatakan bahwa kolaborasi dengan Telkom dan MDMedia menciptakan cara yang lebih cerdas bagi brand untuk mencapai audiens dan memperluas pasar. Didukung oleh platform digital marketing milik Accenture Song, layanan ini membantu brand agar lebih tepat dalam menargetkan audiens, mengurangi biaya dari iklan yang tidak tepat, sekaligus meningkatkan pendapatan bagi para pengiklan dan penerbit.
 
AdXelerate menghadirkan sejumlah keunggulan, termasuk profil audiens komprehensif yang memanfaatkan beragam kategori minat dan atribut demografis melalui teknologi big data analytic. Platform ini juga mendukung optimalisasi iklan secara real-time, memungkinkan penyesuaian iklan dalam hitungan milidetik berdasarkan performa, memberikan fleksibilitas tinggi bagi pengiklan untuk menyesuaikan strategi pemasaran secara dinamis.
 
Keunggulan lainnya adalah proses re-targeting yang mempertajam segmentasi target audiens melalui data-driven, automated process, dan machine learning, sehingga konversi dapat ditingkatkan sesuai tujuan bisnis.
 
Platform AdXelerate dikembangkan dan dioperasikan dengan prinsip privacy by design, dengan Telkom Group dan Accenture sebagai institusi terdepan di Indonesia dalam implementasi kepatuhan perlindungan data pribadi.
 
Sejak diperkenalkan pada tahun 2024, AdXelerate telah membantu banyak pelaku usaha memasarkan produk dan layanannya dengan lebih tepat sasaran, berkontribusi pada peningkatan daya saing media nasional serta memastikan belanja iklan digital memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan