Jumlah tersebut meningkat sebesar enam persen dari kuartal yang sama di tahun 2016, yaitu sebanyak 13,1 juta tablet. Pencapaian ini mengganjar Apple dengan pangsa pasar sebesar 26,6 persen, selama tiga bulan terakhir di tahun 2017 tersebut.
Fokus perusahaan berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat ini dilaporkan akan berlanjut pada tahun 2018 ini. Versi selanjutnya dari iPad kelas high-end diperkirakan akan hadir dengan layar bezel tipis serupa iPhone X, dan dibekali teknologi TrueDepth Camera dan Face ID.
Sementara itu, Samsung harus rela menyerahkan posisi kedua kepada Amazon dan menempati peringkat ketiga. Pencapaian Amazon ini terbantu oleh keputusannya memberikan potongan harga selama musim liburan tersebut, serta berkat popularitas asisten virtual Alexa, yang tersedia di model lebih baru.
Amazon tercatat mendistribusikan sebanyak 7,7 juta tablet selama kuartal keempat 2017, meningkat sebesar 50 persen dari total perangkat yang didistribusikan pada kuartal keempat 2016, yaitu sebanyak 5,2 juta tablet. Hal ini meningkatkan pangsa pasar Amazon, dari 9,6 persen menjadi 15,6 persen.
Sementara itu, tablet mandiri Samsung menunjukan pertumbuhan, sedangkan tablet lini lainnya tidak bernasib sama. Sebagai hasilnya, Samsung mendistribusikan sebanyak tujuh juta tablet selama kuartal empat tahun lalu.
Jumlah tersebut menurun sebesar 13 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, dan menyebabkan penurunan pangsa pasar menjadi 14,1 persen. Sementara itu, Huawei menempati posisi keempat, dengan pendistribusian sebanyak 3,5 juta unit dan pangsa pasar sebesar 7,1 persen.
Lenovo menduduki peringkat kelima dengan jumlah unit yang didistribusikan sebanyak 3,1 juga dan pangsa pasar sebesar 6,2 persen. Secara keseluruhan, 49,6 juta tablet didistribusikan dari bulan Oktober hingga Desember 2017, menurun sebesar 7,9 persen, dari jumlah total tablet sebanyak 53,8 juta unit pada tahun 2016.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News