Dalam konferensi global Conversations 2025 di Miami, WhatsApp memperkenalkan serangkaian pembaruan.
Dalam konferensi global Conversations 2025 di Miami, WhatsApp memperkenalkan serangkaian pembaruan.

WhatsApp Gelar Konferensi Conversations 2025

Lufthi Anggraeni • 04 Juli 2025 14:19
Jakarta: Dalam konferensi global Conversations 2025 yang berlangsung di Miami, WhatsApp memperkenalkan serangkaian pembaruan, dirancang untuk memperkuat posisinya sebagai platform andalan bagi bisnis.
 
"Sembari terus membangun pengalaman pribadi dan bermanfaat bagi 3 miliar orang yang menggunakan aplikasi ini secara global, kami juga tengah membangun cara baru bagi bisnis Anda untuk menjangkau pelanggan, menjual barang, dan menjalankan layanan Anda di WhatsApp," ujar Founder dan CEO Meta Mark Zuckerberg.
 
WhatsApp menjelaskan bahwa inovasi ini berpusat pada tiga pilar utama yaitu kampanye iklan lebih efektif, perluasan peran AI untuk bisnis, serta integrasi panggilan telepon dan opsi suara. WhatsApp menyederhanakan cara bisnis membuat dan mengelola strategi pemasarannya.

Kini, bisnis dari berbagai ukuran dapat membuat kampanye iklan yang sama dan mengelolanya di satu tempat sentral, yaitu Pengelola Iklan, yang mencakup WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Setelah onboarding, bisnis dapat mengunggah daftar pelanggan dan memilih pesan marketing secara manual sebagai penempatan tambahan atau menggunakan Advantage+.
 
Sistem AI WhatsApp kemudian akan mengoptimalkan anggaran di seluruh penempatan untuk memaksimalkan kinerja kampanye. Bisnis yang tertarik membuat iklan di Status juga akan dapat melakukannya melalui Pengelola Iklan.
 
Sementara itu, seiring dengan bertambahnya jumlah pelanggan, bisnis membutuhkan dukungan tambahan untuk merespons lonjakan chat. Dalam waktu dekat, WhatsApp akan memperluas AI Bisnis ke lebih banyak perusahaan di Meksiko.
 
Lebih jauh lagi, WhatsApp sedang mengeksplorasi AI Bisnis yang mampu membuat rekomendasi produk yang dipersonalisasi dan memfasilitasi penjualan di semua situs web bisnis. AI ini juga dapat menindaklanjuti pelanggan untuk menjawab pertanyaan atau memberikan informasi terbaru langsung di dalam chat WhatsApp.
 
WhatsApp menyadari bahwa ada kalanya dukungan verbal lebih membantu daripada hanya teks. Dalam beberapa minggu mendatang, bisnis besar yang menggunakan Platform WhatsApp Business akan dapat menerima telepon dari pelanggan yang ingin mengobrol secara langsung.
 
Bisnis juga bisa menelepon pelanggan secara langsung begitu pelanggan meminta kabar. Ke depannya, dukungan tambahan akan memungkinkan pengiriman dan penerimaan pesan suara, atau bahkan panggilan video, yang dapat sangat membantu untuk kebutuhan seperti janji temu layanan kesehatan jarak jauh.
 
Menghadirkan pembaruan panggilan telepon dan chat audio ke Platform WhatsApp Business akan mempermudah komunikasi dan membuka jalan bagi dukungan suara yang didukung AI di masa mendatang. Bisnis yang tertarik untuk memulai fitur panggilan ini dapat bekerja sama dengan salah satu mitra WhatsApp.
 
WhatsApp menyatakan ingin mendengar dampak dari pembaruan ini dalam membantu bisnis memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional. Inovasi ini menegaskan komitmen WhatsApp untuk terus menjadi platform bisnis komprehensif dan responsif terhadap kebutuhan dunia usaha yang terus berkembang.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan