Foto: Kalodata
Foto: Kalodata

Kalodata Bantu Pengguna TikTok Shop Makin Moncer di KISCC 2025

Mohamad Mamduh • 21 Oktober 2025 07:49
Jakarta: Saat ini TikTok Shop menjadi perhatian sejumlah masyarakat untuk bisa menjalankan bisnisnya seperti menjual produknya. Kehadiran TikTok Shop itu memudahkan masyarakat dalam melakukan pembelian, terlebih saat ini sudah memasuki era digital.
 
Menurut data, TikTok shop memiliki pertumbuhan yang besar pada 2025 membuat platfom asal Tiongkok itu menjadikan pemain utama dalam pasar social commerce di Tanah Air. 
 
Secara global, Kalodata memiliki hampir 3 juta pengguna dengan pengguna terbanyak berasal dari Indonesia.

Demi membantu para penjual di TikTok Shop itu, salah satu Platform analisa data terkemuka untuk social commerce, Kalodata mengadakan event Kalodata Indonesia Social Commerce Conference (KISCC 2025) di Smesco, Jakarta Selatan, selama dua hari Rabu-Kamis (15-16/2025).
 
Event tersebut menjadi momentum yang tepat bagi masyarakat untuk mempelajari cara TikTok Shop bekerja.
 
Co-founder dan COO Kalodata, Lawrence Guo mengungkapkan ini merupakan event kedua yang digelar untuk Kalodata. Dia melihat banyak peserta antusias yang mengikuti event tersebut. 
 
Sebab, event ini menggabungkan edukasi teknis social commerce, dan analisa algoritma data untuk mendapatkan hasil maksimal di TikTok Shop.
 
"Ini bukan pertama kali kami melakukan acara seperti ini. Ini adalah konferensi kedua kami. Ketika kami mulai bisnis 3 tahun lalu di Indonesia, kami sudah menyiapkan kantor. Kita siap membantu penjual dan kreator untuk berkembang di Indonesia," ungkap Lawrence Guo dalam kepada awak media di lokasi, Kamis (16/10).
 
Selama dua hari event diramaikan sejumlah brand lokal dan internasional. Mereka mendirikan stand dan memamerkan produknya untuk diperkenalkan kepada peserta. Selain itu, sejumlah influencer, Key Opinion Leader (KOL) dan agensi turut meramaikan event tersebut.
 
"Kami mengumpulkan banyak brand lokal dan internasional, serta banyak sumber influencer. Kami bisa mengumpulkan semua influencer dari agensi atau dari KOL, karena kita sudah bekerja dengan mereka selama ini," tambahnya.
 
Dia menyebut event tersebut memiliki perbedaan dibanding sebelumnya. Tahun lalu, event itu dibuat hanya satu hari. Meski begitu event tersebut mendapatkan sambutan yang baik dari dari masyarakat. Event tersebut bahkan dikunjungi oleh KOL dari luar negeri seperti Malaysia dan Thailand.
 
"Tahun lalu sangat berhasil, kami juga mendapat banyak feedback, karena beberapa KOL kita adalah dari luar negeri atau dari kota lain, seperti Surabaya, Malaysia, dan Thailand," ungkapnya.
 
Namun, untuk tahun ini mereka membuat selama dua hari. Tujuannya untuk menjangkau pelaku usaha dari berbagai kota bisa mengikuti acara tersebut. "Tahun ini kita mengundang semua brand internasional, dan juga mengundang 80% dari seller TikTok terbaik untuk datang ke acara ini," ungkapnya
 
Selain itu, peserta konferensi tahun ini juga meningkat dibandingkan sebelumnya. Dia melihat beragam saller berbeda mengikuti ajang terseut seperti kecantikan, makanan dan minuman, home supplies, elektronik.
 
Peserta tahun ini diklaim lebih besar karena dihadiri lebih dari 9.000 perserta. 
 
"Lebih besar dari tahun lalu. Bisa mencapai lebih dari 10.000 perserta yang terdiri dari seller, kreator, edukator, dan agensi terkemuka. Tahun lalu, kita mencapai hanya lebih dari 1.000 peserta. Tahun depan, mungkin akan mengadakan mengadakan konferensi," ungkapnya.
 
KISCC 2025 menjadi wadah bagi para pelaku industri untuk berbagi wawasan, strategi, dan tren terkini dalam menghadapi dinamika social commerce yang terus berkembang. Kalodata tidak hanya menyediakan solusi data bagi para pelaku social commerce, tetapi juga edukasi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis mereka.
 
Kalodata menyediakan berbagai solusi untuk meningkatkan efektivitas social commerce, di antaranya Identifikasi Kategori Produk dan Konten Potensial, Monitoring Kompetitor, Analisis Produk Terlaris, Pencarian Kreator, Analisis Video Populer, dan Analisis Livestream Terlaris.
 
Tidak hanya itu KISCC 2025 juga menjadi ajang penghargaan bagi para kreator dan seller TikTok Shop berprestasi. 
 
Kalodata Indonesia Social Commerce Conference 2025 Awards memberikan apresiasi kepada mereka yang telah menunjukkan performa penjualan dan kontribusi signifikan bagi perkembangan social commerce di Indonesia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan