Ericsson menyebut bahwa jaringan komunikasi stabil dan andal menjadi faktor penting di periode pandemi.
Ericsson menyebut bahwa jaringan komunikasi stabil dan andal menjadi faktor penting di periode pandemi.

Ericsson: Jaringan Komunikasi Menjadi Hal Penting di Periode Pandemi

Teknologi teknologi ericsson
Lufthi Anggraeni • 12 Mei 2020 08:58
Jakarta: Ericsson menghelat ajang berskala global dengan tajuk Ericsson Unboxed Office, sebagai pengganti kehadirannya di ajang Mobile World Congress yang dibatalkan akibat penyebaran virus korona pada bulan Februari lalu.
 
“Kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan karyawan, pelanggan, serta mitra kami merupakan prioritas utama kami. Kami bekerja keras dalam melakukan apa yang dapat kami kontribusikan dalam upaya mengendalikan dan memperlambat pandemi ini,” ujar President and CEO Ericsson, Börje Ekholm.
 
Selain itu, Ekholm juga menjelaskan pentingnya konektivitas selama periode pandemi ini, yang memberikan kesempatan untuk memikirkan kembali metode penggunaan jaringan di masa depan, sehingga tetap dapat membantu masyarakat dalam kondisi apapun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ekholm juga menekankan bahwa jaringan komunikasi kuat dan andal menjadi salah satu faktor terpenting, terlebih dalam kondisi pandemi ini. Tidak hanya itu, menjaga hubungan baik dengan pelanggan juga menjadi faktor lain yang perlu dilakukan pelaku industri jaringan komunikasi.
 
Selama periode pandemik korona yaitu selama dua bulan terakhir, Ericsson mencatat terjadinya perubahan trafik pada jaringan, dari area bisnis ke area perumahan. Perubahan ini disebut Ekholm terjadi dalam kurun waktu beberapa hari dan trafik meningkat sebesar 20 persen.
 
Selain itu, selama periode pandemik Covid-19 ini, Ericsson menyebut bahwa konektivitas menjadi faktor yang lebih penting dari sebelum periode. Dan jaringan telekomunikasi stabil dan seluler telah menjadi bagian lebih besar dari infrastruktur utama.
 
Jaringan 5G juga disebut Ericsson menawarkan kesempatan bagi penyedia layanan untuk memperoleh keuntungan sebagai penggerak pertama, serta menciptakan perbedaan performa jaringan yang signifikan dengan pesaingnya.
 
Ericsson juga mengaku telah melihat tanda awal dari penyedia layanan yang memonetisasi berbagai kesempatan bisnis dari 5G. Salah satunya terlihat dari adanya tren ARPU positif dan peningkatan pendapatan bagi penyedia yang menjadi pelopor di pasar 5G.
 
Ekholm menyebut bahwa 5G akan membuka potensi dari Revolusi Industri Keempat, serta akan menjadi landasan yang memungkinkan terbentuknya daya saing relatif di suatu negara. Selain itu, lanjut Ekholm, era jaringan 4G memungkinkan pertumbuhan ekonomi berbasis aplikasi, namun era 5G akan menjadi platform inovasi terbuka terhebat yang pernah ada.
 
Ekholm menambahkan bahwa 5G akan mendorong nilai dari bisnis-bisnis di sektor publik dan swasta secara eksponensial, termasuk efisiensi dari pelayanan publik serta performa yang baru dan lebih efektif, contohnya di bidang kesehatan, pendidikan, transportasi, dan pengendalian bencana.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif