?CEO Intel Pat Gelsinger menyebut kelangkaan chip akan berlangsung hingga 2024.
?CEO Intel Pat Gelsinger menyebut kelangkaan chip akan berlangsung hingga 2024.

CEO Intel Sebut Kelangkaan Chip Berlanjut Hingga 2024

Teknologi intel
Lufthi Anggraeni • 30 April 2022 12:12
Jakarta: Enam bulan setelah memprediksi kelangkaan chip global akan berlangsung setidaknya hingga 2023, CEO Intel Pat Gelsinger kini menyebut bahwa kelangkaan ini akan berlangsung hingga 2024, sebelum kembali ke kondisi normal.
 
Mengutip The Verge, prediksi Gelsinger didukung oleh informasi bahwa kelangkaan ini turut melanda peralatan, akibatnya sejumlah pabrik produsen komponen tersebut disebut akan menghadapi tantangan lebih berat.
 
Kelangkaan chipset yang diprediksi akan berlangsung hingga tahun 2024 ini disebut Gelsinger disebabkan oleh kemampuan industri untuk memenuhi permintaan produk baru yang dirakit di lini pabrik baru, tidak hanya pada lini pabrik yang telah ada sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Intel memprediksi industri akan terus menghadapi tantangan setidaknya hingga 2024 di area seperti kapasitas perakitan dan ketersediaan alat seperti IDM. Sementara itu, Digitimes melaporkan bahwa pemasok peralatan produksi chip kini telah mencukupi pasokan hingga 18 bulan, meningkat dari enam bulan pada tahun 2021 lalu.
 
Dengan kata lain, CPU, GPU dan konsol game merupakan produk dengan profil tinggi yang akan paling terdampak oleh kelangkaan chip ini, namun pasokan dan permintaan dilaporkan telah mulai seimbang.
 
Namun, vendor chip jaringan masih menghadapi kelangkaan chip signifikan, dan Gelsinger menyebut ethernet sebagai kendala pasokan ekosistem yang sangat sulit dan telah memperlambat pengiriman PC.
 
Kendala tersebut menjadi alasan di balik penurunan pendapatan Intel Client Computing Group pada kuartal ini, sebesar 13 persen. Intel mengaitkannya dengan penurunan bisnis CPU dan modem Apple, dan pelemahan inventaris OEM.
 
Penurunan ini juga dikaitkan Intel dengan rendahnya permintaan konsumen dan pendidikan, sebab lebih sedikit sekolah yang membeli Chromebook, dan Apple telah sepenuhnya beralih dari Intel ke prosesor M1 karyanya.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif