Xiaomi mengumumkan penggantian Mi Apps Store.
Xiaomi mengumumkan penggantian Mi Apps Store.

Sudah Ada 1,7 Juta Pengguna Toko Aplikasi Xiaomi di Indonesia

Teknologi xiaomi smartphone
Cahyandaru Kuncorojati • 04 September 2019 18:42
Jakarta: Xiaomi menggelar Mi Developer Conference (MIDC) kedua kalinya di Indonesia. Acara ini digelar untuk mendorong developer aplikasi memanfaatkan ekosistem MIUI untuk mengembangkan dan memasarkan karyanya.
 
"Xiaomi mungkin lebih dikenal sebagai perusahaan smartphone dan produk IoT tapi kami juga sebenarnya perusahaan internet mobile. MIUI adalah ekosistem yang kami miliki. Di industri smartphone Xiaomi berada di posisi lima besar di 40 negara," tutur Head of Xiaomi Global Internet Business, Yajun Yan.
 
Dalam konferensi ini Yan mengajak developer di berbagai negara untuk memanfaatkan ekosistem MIUI dan meramaikan aplikasi yang tersedia di dalamnya. Yan mengklaim penggunaan bulan MIUI mencapai 279 juta di 220 negara dan kawasan serta hadir dalam 77 bahasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di Indonesia sendiri yang menjadi satu dari lima negara pasar penting Xiaomi berkontribusi sebanyak 24 juta pengguna aktif bulanan," ungkap Yan. Bersama dengan ini Xiaomi juga mengumumkan perubahan nama Mi App Store yang selama ini menjadi platform pemasaran aplikasi buatan developer.
 
Sudah Ada 1,7 Juta Pengguna Toko Aplikasi Xiaomi di Indonesia
 
"Kami mengumukan kehadiran GetsApp sebagai pengganti Mi Apps Store resmi pada paruh kedua tahun 2019. Kami menggantinya dengan membawa dukungan bahasa yang lebih banyak dan melokalkan konten atau aplikasi yang kami kurasi," ujar Head of GetsApp Xiaomi, Ivonne Lie.
 
Ivonne dalam penjelasannya menekankan localization di Indonesia tidak hanya menawarkan aplikasi buatan developer Indonesia kepada pengguna MIUI tapi juga aplikasi yang otomatis menyesuaikan spesifikasi perangkat. Misalnya, aplikasi yang tidak memakan memori.
 
Perkenalan GetsApp memang tanpa pengumuman Xiaomi sebelumnya. Mereka juga tidak menyebutkan perubahan Mi Apps Store di perangkat Xiaomi menjadi GetsApp mulai dilakukan sejak MIUI versi berapa. Namun, Ivonne menyebut pengguna GetsApp di Indonesia sudah banyak digunakan.'
 
Sudah Ada 1,7 Juta Pengguna Toko Aplikasi Xiaomi di Indonesia
 
"Di Indonesia pengguna aktif harian (DAU) GetsApp pada Juli 2019 sudah mencapai 1,7 juta. Meningkat 170 persen dalam satu tahun saja," klaim Ivonne. Grafik yang diperlihatkan menunjukkan pengguna GetsApp di Indonesia pada Juni 2018 sebanyak 500 ribu dan menjadi 700 ribu di September 2018.
 
Xiaomi juga berusaha untuk memikat developer memanfaatkan ekosistem MIUI dan platform GetsApp dengan mengumumkan proyek pendanaan bernama Seagull Project bagi developer. Developer yang memiliki aplikasi menarik akan mendapatkan dukungan Xiaomi senilai Rp200 miliar.
 
"Developer yang terpilih akan mendapatkan dukungan atau booster di platform GetsApp. Mulai dari promosi dan pemasan, konversi pengguna, dan sistem loyalti kepada pengguna yang semuanya bisa dimanfaatkan gratis," tutur Ivonne.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif