Monitor gaming, Xiaomi Mi Surface.
Monitor gaming, Xiaomi Mi Surface.

Xiaomi Ciptakan Monitor Gaming Pertamanya

Teknologi games xiaomi
Cahyandaru Kuncorojati • 25 Oktober 2019 09:11
Jakarta: Xiaomi dikenal bukan hanya memproduksi smartphone, mulai dari perangkat IoT hingga laptop, salah satunya bahkan menyasar segmen laptop gaming. Terbaru, Xiaomi kini ikut memproduksi monitor gaming.
 
Punya nama mirip dengan produk Microsoft, di negara asalnya Xiaomi baru saja memperkenalkan monitor gaming bernama Mi Surface dan Mi Display. Keduanya memiliki segmen dan ukuran yang berbeda.
 
Mi Surface hadir dengan ukuran 34 inci dan memiliki desain panel lengkung. Kelengkungannya mengusung sudut 1500R. Punya bezel sisi kanan dan kiri yang tipis, aspek rasio layar ke bodinya disebut 21:9.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Soal spesifikasi atau kemampuannya Mi Surface tergolong monitor gaming yang tidak sekadar coba-coba. Disebutkan bahwa Mi Surface punya dukungan fitur AMD Freesync, resolusi 4K dan kemampuan refresh rate 144Hz. Informasi yang beredar menyebutkan panel monitornya menggunakan buatan Samsung.
 
Dari foto desainnya yang beredar, monitor gaming Mi Surface punya desain yang biasa saja. Bentuk kaki monitornya juga jauh dari kesan monitor gaming seperti merek ASUS ROG, termasuk tidak ada sentuhan LED RGB. Hal ini juga tidak berbeda jauh dengan produk satu lagi, Mi Display.
 
Monitor gaming Mi Display hadir mengusung ukuran 23,8 inci dengan resolusi Full HD dan sudut pandang lebar atau wide-angle vieweing hingga 178 derajat. GizmoChina melaporkan bahwa Mi Display memiliki desain yang sangat sederhana.
 
Di bagian belakangnya disebutkan hanya tersedia port HDMI dan power supply. Akses kontrol OSD tersedia di sisi kanan bawah monitor. Dilaporkan bahwa kedua produk ini baru saja dirilis di Tiongkok dengan harga yang tergolong lebih dibandingkan monitr gaming merek lain.
 
Monitor gaming Mi Surface dibanderol sekitar USD352 atau Rp4,9 juta dan Mi Display di harga USD98 atau sekitar Rp1,3 juta. Kemungkinan besar, produk ini belum akan tersedia di Asia Tenggara termasuk Indonesia.
 
Tahun lalu, Xiaomi merilis laptop gaming dengan spesifikasi menengah bernama Mi Gaming Laptop. Mi Gaming Laptop hadir dengan Intel Core i7 Generasi ke-7 yang dipadankan dengan NVIDIA GeForce GTX 1060.
 
Dengan layar 15,6 inci, laptop tersebut dihargai RMB8.999 atau sekitar Rp19,6 juta. Laptop gaming Xiaomi ini memiliki RAM 8GB, SSD 256GB dan HDD 1TB.
 
Di varian spesifikasi yang lebih rendah, Mi Gaming Laptop menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti dan RAM 8GB dengan kombinasi SSD 128GB dan HDD 1TB. Dari pengamatan, sampai tahun ini laptop gaming Xiaomi tidak tersedia di Indonesia secara resmi.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif