Foxconn dilaporkan merumahkan pekerja kontrak lebih cepat dari tahun sebelumnya.
Foxconn dilaporkan merumahkan pekerja kontrak lebih cepat dari tahun sebelumnya.

Foxconn Percepat PHK 50 Ribu Pekerja

Teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 21 Januari 2019 16:30
Jakarta: Foxconn dilaporkan telah merumahkan sebanyak 50 ribu pekerja kontrak sejak bulan Oktober lalu. Jumlah tersebut dinilai tidak mengejutkan jika dibandingkan dengan jumlah pekerja yang dirumahkan pada tahun 2017, walau ada perbedaan antara keduanya.
 
Proses merumahkan pekerja kontrak Foxconn kali ini dilaporkan lebih cepat jika dibandingkan dengan tahun 2017. Menurut sumber yang dikutip GSM Arena, pekerja yang terdampak berasal dari pabrik di wilayah Zhengzhou, provinsi Henan, Tiongkok.
 
Para pekerja yang dipecat disebutkan bertanggung jawab untuk memproduksi sebagian besar iPhone. Dapat dipastikan bahwa pengurangan pekerja tersebut disebabkan oleh penurunan produksi iPhone.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Umumnya, pekerja kontrak akan menerima pembaruan kontrak per bulan sejak bulan Agustus hingga pertengahan atau akhir bulan Januari. Hal yang tidak biasa kali ini adalah Foxconn meminta sebagian pekerja ini untuk mengakhiri masa kerjanya pada akhir tahun.
 
Pegatron, perusahaan perakit terbesar kedua Apple, juga dilaporkan memangkas jumlah pekerja lebih cepat. Pada masa puncak produksi, pekerja Pegatron berjumlah 200 ribu. Setiap bulan, Pegatron memecat puluhan ribu orang hingga jumlah pegawainya hanya mencapai 100 ribu orang.
 
Jumlah pekerja sebanyak 100 ribu tersebut disebut dibutuhkan Pegatron untuk menjaga proses produksi agar berjalan dengan normal. Sementara itu. pada tahun 2018, pengurangan pekerja ini dilaporkan terjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan sebelumnya.
 
Foxconn telah berupaya mengurangi biaya operasionalnya karena diperkirakan, jumlah produksi smartphone pada 2019 akan menurun. Ini terjadi karena perlambatan pertumbuhan pasar smartphone secara global.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi