Lenovo baru saja merilis A940 pada CES 2019.
Lenovo baru saja merilis A940 pada CES 2019.

Di Pasar PC, Strategi Lenovo Fokus ke Konsumen

Teknologi lenovo ces 2019
Ellavie Ichlasa Amalia • 21 Januari 2019 17:55
Jakarta:Lenovo mengklaim bahwa pada kuartal lalu, pangsa pasar mereka mencapai 22,2 persen, yang President PCs & Smart Devices, Lenovo Asia Pacific Ken Wong sebut sebagai angka yang "tidak pernah dicapai oleh vendor PC sejak 1996."
 
Menurut IDC, berdasarkan pengiriman unit PC pada Q3 2018, Lenovo memang menguasai pasar PC dengan pangsa pasar 24 persen.Wong merasa, ini bisa Lenovo capai berkat keputusan mereka untuk melakukan transformasi pada empat tahun lalu.
 
"Kami dulu adalah perusahaan yang sangat fokus pada produk. Sejak melakukan transformasi, kami menjadi perusahaan yang fokus pada konsumen. Tujuan kami sederhana, semua yang kami lakukan, kami lakukan untuk membuat pelanggan kami puas," kata Wong dalam sesi wawancara dalam CES 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wong mengatakan, melakukan transformasi ini bukanlah hal yang mudah, terutama karena Lenovo bukanlah perusahaan kecil. Untuk menjadi perusahaan yang fokus pada konsumen, Lenovo lalu melakukan berbagai cara untuk mendapatkan input dan umpan balik dari konsumen, mulai dari media sosial sampai survei online.
 
"Jadi, kami bisa mendapatkan input yang spesifik tentang apa yang konsumen kami suka," kata Wong. Pada CES 2019, salah satu produk yang Lenovo luncurkan adalah PC All-in-One Yoga A940. Selain layar yang dapat ditidurkan hingga 25 derajat, salah satu keunikan lain dari desktop ini adalah keberadaan Precision Dial.
 
Di Pasar PC, Strategi Lenovo Fokus ke Konsumen
Precision Dial pada Lenovo Yoga A940.
 
"Kami memiliki Precision Dial yang dibuat khusus untuk para profesional yang perlu melakukan penyesuaian yang presisi ketika mengedit foto atau video. Ide untuk Precision Dial tidak datang dari teknisi Lenovo, tapi dari konsumen kami," kata Wong. Ide ini kemudian dibawa ke teknisi Lenovo untuk direalisasikan.
 
Selain itu, ungkap Wong, Lenovo juga mengubah budaya perusahaan. "Empat tahun lalu, bonus pegawai didasarkan pada performa keuangan dan pangsa pasar. Sekarang, 20 persen bonus kami didasarkan pada apakah konsumen merasa puas atau tidak."
 
Wong merasa, Lenovo sudah ada di jalan yang benar. "Lihat saja pangsa pasar kami. Kita sudah melakukan hal yang benar," katanya.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif