Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jasnita Sudah Kembalikan Izin Penggunaan Frekuensi

Teknologi kominfo
Ellavie Ichlasa Amalia • 20 November 2018 09:26
Jakarta:PT. Jasnita Telekomindo telah mengembalikan izin frekuensi radio yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin, 19 November 2018 pagi.
 
Alasannya karena mereka telah menunggak pembayaran BHP (Biaya Hak Penggunaan) frekuensi radio selama dua tahun, yaitu pada 2016 dan 2017. Total tunggakan beserta denda yang harus mereka bayar adalah Rp2.197.782.790.
 
"Sebagai perusahaan menengah yang sedang berkembang, kami tidak ingin melanggar hukum dengan tetap mempertahankan izin frekuensi radio tersebut dengan tidak membayar kewajiban kepada negara," tulis pihak Jasnita dalam pernyataan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jasnita juga menyebutkan bahwa para pelanggan mereka tidak perlu khawatir karena layanan akan berjalan seperti biasa. Mereka telah mengalihkan pelanggan yang menggunakan frekuensi 2,3GHz ke layanan lain.
 
Mereka menyebutkan telah menggunakan frekuensi tanpa lisensi sejak tahun lalu sejak Kemenkominfo mencanangkan konsolidasi BWA (Broadband Wireless Access).
 
Sebelum ini, Jasnita hanya menggunakan frekuensi 2,3GHz secara regional. Mereka menawarkan layanan call center, internet teleponi untuk keperluan publik (ITKP), ISP, dan calling card. Selain itu, mereka juga menawarkan layanan berbasis cloud.
 
Selain Jasnita, PT Internux dan PT First Media juga memiliki tunggakan BHP frekuensi radio. Pada awal minggu lalu, Kominfo menyebutkan bahwa keduanya memiliki waktu hingga Sabtu, 17 November untuk melunasi tunggakan mereka.
 
Namun, karena keduanya tidak membayar hingga tenggang waktu yang telah ditetapkan, Kominfo mencabut izin frekuensi untuk Bolt dan First Media.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif