Kelima agen AI ini akan diintegrasikan secara menyeluruh ke dalam seluruh proses belanja di platform Lazada, mulai dari penemuan produk hingga layanan purnajual.
Pengintegrasian teknologi AI ini menunjukkan Lazada berinvestasi pada teknologi dan kapabilitas AI, khususnya di era "agentic commerce". Dalam era ini, pengalaman belanja di ecommerce akan memanfaatkan AI untuk secara otonom menemukan hingga membeli produk untuk pelanggan, menjadikan setiap interaksi lebih cepat, cerdas, dan memuaskan.
Carlos Barrera, Chief Executive Officer Lazada Indonesia, menyatakan sedang beralih dari penggunaan AI sebagai alat pendukung menjadi kopilot yang mampu memahami, menganalisis, dan bertindak secara real time.
Ia menambahkan bahwa dengan mengintegrasikan agen-agen cerdas di seluruh ekosistem, Lazada tidak hanya menjadikan momentum 11.11 kali ini lebih besar, tetapi juga lebih cerdas dan unggul. Pembeli dapat menikmati kemudahan dan penghematan yang lebih besar, sementara penjual mendapatkan wawasan dan efisiensi yang lebih tajam.
Lima Agen AI Utama Lazada:
AI Lazzie (Agen Belanja): Didukung oleh model bahasa besar Alibaba Group (Qwen), AI Lazzie telah berkembang menjadi asisten belanja berbasis percakapan yang mampu memahami niat pengguna dan merekomendasikan produk secara real time.
Dalam fase uji coba, AI Lazzie mencatat peningkatan pesanan sebesar 42% dan interaksi AI 50% lebih banyak. Untuk 11.11, Lazzie memperkenalkan fitur baru SmartStack, yang membantu pembeli menggabungkan LazRewards dan Voucher Penjual secara otomatis untuk penawaran terbaik.
Agen Pengembalian Dana (Refund): Agen ini menyederhanakan penanganan sengketa dengan memverifikasi bukti, menegosiasikan hasil, dan mendukung pengambilan keputusan untuk kasus standar di purnajual. Lebih dari 35% permintaan pengembalian dana kini ditangani secara otomatis dan real time hanya dalam hitungan menit, dengan tingkat akurasi lebih dari 99%.
Agen Logistik: Agen Logistik berbasis AI dari Lazada mengintegrasikan sistem logistik internal untuk secara proaktif memberikan informasi pengiriman pada pelanggan serta solusi instan terhadap berbagai masalah terkait logistik. Agen ini mampu menyelesaikan pertanyaan logistik hanya dalam waktu 20 detik, jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya yang membutuhkan hingga 45 menit.
Agen Product Listing: Agen ini membantu penjual membuat listing produk dengan kualitas lebih baik dan efisiensi lebih tinggi melalui pembuatan judul, gambar, deskripsi, serta terjemahan yang dilakukan oleh AI.
Dalam satu bulan terakhir, agen ini telah mengoptimalkan lebih dari 13 juta daftar produk, menghemat rata-rata 11 jam kerja bagi penjual, serta meningkatkan tampilan halaman (page views) hingga 180% dalam periode 7 hari.
Agen Pemasaran (Sponsored Max): Agen Pemasaran baru ini menggunakan algoritma AI untuk secara dinamis menyesuaikan penempatan iklan dengan intensi dan perilaku pembeli secara real time. Terintegrasi dengan sistem data dan rekomendasi Lazada, agen ini membantu penjual menjangkau audiens yang tepat dan mengoptimalkan laba atas investasi (ROI).
Inisiatif-inisiatif ini mencerminkan langkah strategis dan kesiapan Lazada untuk membangun jaringan agen AI yang saling terhubung, yang secara kolektif akan meningkatkan pengalaman dan efisiensi penggunaan di seluruh ekosistem ecommerce.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id