Lazada memang diketahui sejak lama mengembangkan penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI), untuk memberikan pengalaman berbelanja terbaik untuk para pelanggan yang kini diklaim digemari oleh penggunanya.
Klaim tersebut ditunjukan oleh penggunaan AI Lazzie pada momen promo belanja online
Lazada 12.12 belum lama ini.
AI Lazzie berhasil meningkatkan pengunjung unik (unique visitors) ke dalam aplikasi sebanyak 76 persen lewat ‘LazzieChatHunt’ dimana AI Lazzie membagikan LazRewards bagi pelanggan yang memasukan kode khusus lewat Pesan+.
Permainan interaktif ini juga menghasilkan sebesar 6 juta engagement, naik dua kali lipat dibandingkan saat pesta diskon Lazada 11.11. Lazada juga mencatat peningkatan sebesar 46 persen dalam interaksi proaktif dengan AI Lazzie selama gelaran 12.12, dengan lebih dari 15 persen berinteraksi secara proaktif untuk menemukan penawaran terbaik dan menerima rekomendasi produk yang dipersonalisasi.
Sementara itu, riset Kantar bersama Lazada yang berjudul “Artificial Intelligence Adoption in eCommerce in SEA” juga menunjukkan bahwa 53 persen masyarakat Indonesia merasa AI meningkatkan pengalaman belanja, dan 96 persen percaya AI mampu merekomendasikan produk yang paling relevan bagi mereka.
Laporan yang sama juga menunjukkan bahwa masyarakat telah menggunakan berbagai fitur berbasis AI, dengan 54 persen mengaku telah familiar dengan fitur chatbot berbasis AI.
“Lazada berkomitmen untuk terus berinovasi dengan teknologi terkini, termasuk AI dan GenAI,” kata Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo.
“Inovasi ini untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang tidak hanya nyaman, tetapi juga lebih personal dan bermakna bagi pelanggan kami, khususnya di momen-momen spesial seperti Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.
Penerimaan masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap inovasi teknologi, khususnya AI dinilai membuka kesempatan yang luas bagi pengembangan dan penerapannya di berbagai sektor.
Amelia menyebut Lazada sebagai salah satu platform ecommerce terdepan di Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi AI untuk memberikan pengalaman belanja terbaik bagi pelanggan.
AI Lazzie di aplikasi Lazada disebut bisa menjadi asisten belanja pribadi. Teknologi ini bisa digunakan untuk memberikan rekomendasi produk untuk hadiah atau momen tertentu dengan spesifik sesuai deskripsi atau prompt yang pengguna sampaikan.
Tidak hanya itu AI Lazzi juga bisa digunakan untuk promo atau diskon kilat serta memungkinkan pembeli mengajukan return dan refund.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News