Ilustrasi.
Ilustrasi.

Penipuan Cryptocurrency Curi Rp41,5 Miliar

Teknologi cryptocurrency
Ellavie Ichlasa Amalia • 12 November 2018 16:50
Jakarta:Di Korea Selatan, telah terjadi exit scam baru. Exit scam adalah penipuan yang dilakukan oleh sebuah pihak dengan menjanjikan cyrptocurrency baru dan mengumpulkan dana dari para investor. Pada ICO (Initial Coin Offering/Penawaran Koin Perdana), mereka lalu menghilang.
 
Ialah Pure Bit, bursa cryptocurrency yang langsung tutup setelah mendapatkan USD2,8 juta (Rp41,5 miliar) dalam bentuk Ethereum dari para investor. Mereka berjanji, mereka akan membuat Pure Coin.
 
Saluran komunikasi mereka, seperti media sosial, masih aktif kemarin. Namun, sekarang, semua saluran komunikasi mereka tidak bisa diakses setelah mereka menyampaikan "maaf" dan "terima kasih", menurut laporan TechCrunch.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari pembahasan di forum internet, tim di balik Pure Bit tidak diketahui identitasnya dan proses untuk mengembangkan koin virtual di Korea Selatan "memang sedang tren."
 
"Mereka telah menghapuskan semua bukti," tulis seorang netizen. "Situs yang dibuat oleh nama palsu/host di luar Korea/messengers/kontak juga palsu semua. Sekarang, satu-satunya harapan mereka adalah melacak ether dan berharap untuk yang terbaik."
 
Pada awalnya, Pure Bit mengatakan bahwa mereka mengumpulkan dana untuk membut "mining coin" baru, yang didasarkan pada standar ERC20 milik Ethereum dan akan membayar dividen pada para investor. Selain itu, mereka juga berencana untuk meluncurkan bursa cryptocurrency yang menggunakan koin PURE mereka, lapor The Next Web.
 
Pure Bit juga mengadakan kampanye, mendorong pengguna untuk mengajak orang lain membawa investor baru. Jumlah minimal uang yang disetor para investor adalah 5 ETH atau Rp15,5 juta.
 
Menurut situs resmi Pure Bit, mereka mulai mengumpulkan dana pada 5 November dan berencana untuk terus membuka investasi hingga 30 November.
 
Ini adalah penipuan terbaru yang menggunakan teknik exit scam pada tahun ini. Menurut berbagai laporan, penipuan jenis ini telah merampas cryptocurrency dengan total nilai lebih dari USD100 juta dalam waktu dua tahun. Penyelidikan lanjutan menunjukkan bahwa angka yang dicuri mungkin lebih tinggi.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif