Headset gaming merek Fantech.
Headset gaming merek Fantech.

Fantech, Merek Gaming Lokal yang Mendunia

Teknologi games hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 06 Mei 2019 10:19
Jakarta: Industri game sekaligus esports di Indonesia beberapa tahun belakangan tumbuh sangat pesat. Namun, ekosistem pendukung termasuk industrinya sendiri masih didominasi oleh nama-nama luar. Salah satunya ekosistemnya yaitu aksesori gaming.
 
Hal ini tidak aneh, mengingat industri esports di luar negeri sudah lebih matang. Saat tren esports di Tanah Air mulai terdengar keluar, merek aksesori gaming dari luar negeri sebenarnya sudah menginvasi Indonesia.
 
Satu merek mencoba melokalkan produk tersebut dan membesarkannya sebagai produk dalam negeri. Rupanya mereka sudah berhasil menyentuh pasar luar negeri. Perkenalkan, Fantech, merek lokal yang belum lama ini membuka official store bulan lalu di Mall Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sebetulnya sudah lama hadir, sejak 2009. Namun, saat itu masih ke periferal seperti mouse dan keyboard, laptop cooler, dan lain-lain di segmen office. Baru fokus ke segmen gaming di 2015," tutur CEO Fantech Indonesia Firsandy Pinardy.
 
Fantech, Merek Gaming Lokal yang Mendunia
 
Dari pantauan Medcom.id di official store yang diresmikan, aksesori gaming Fantech terbilang sudah sangat lengkap. Mulai dari mouse dan keyboard, headset, mousepad, aksesoris seperti tas, hingga gaming chair. Bahkan Fantech juga menyediakan gamepad untuk mobile.
 
"Pangsa pasar kami adalah gamer khususnya gamer di Indonesia yang kesulitan membeli produk high-end yang harganya tinggi. Strategi kami adalah menyediakan produk berkualitas dengan harga terjangkau, kami juga mendukung acara gaming dan menggandeng warnet atau iCafe menjadi partner," beber Firsandy.
 
Hadir sebagai merek lokal dan bersaing dengan merek asing jelas memiliki tantangan. Firsandy menyebut tantangan juga muncul dari mindset gamer Tanah Air. Merek lokal dianggap tidak bisa bersaing dengan merek luar.
 
Fantech, Merek Gaming Lokal yang Mendunia
 
"Justru banyak dari gamer yang memiliki produk KW atau tidak asli dengan embel merek luar dibandingkan memilih merek lokal yang orisinal dan kualitasnya lebih baik," ungkap Firsandy.
 
Kini, selain di Jakarta Fantech juga punya official store di Guangzhou (Tiongkok), Manila, (Filipina), Taiwan, dan Kosovo. Firsandy menyebut produk Fantech sudah tersedia di 80 negara.
 
"Fantech berambisi untuk menjadi brand lokal yang diterima di Indonesia dan di luar rnegeri. Strategi kami memperluas jaringan untuk memudahkan konusmen mendapatkan produk kami. Ke depannya kami juga akan membuka official store di banyak lokasi," tutur Firsandy.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif