Andi Renreng, Head of Marketing Poco Indonesia
Andi Renreng, Head of Marketing Poco Indonesia

Bagaimana Tim Kecil Bisa Menang di Liga Besar

Mohammad Mamduh • 19 Oktober 2023 10:10
Jakarta: Industri handphone seperti pertandingan di liga sepak bola; banyak tim bersaing untuk menjadi juara dengan berlomba-lomba menggelontorkan dana untuk mendatangkan pemain dunia.
 
Namun penggemar Liga Primer Inggris mungkin ingat bagaimana pada musim 2015-2016 tim kecil Leicester City berhasil mematahkan prediksi dan menjadi juara. Dengan modal seadanya, tim ini berhasil juara dengan menerapkan strategi yang tepat dari pemilihan pemain, pelatih, serta mengoptimalkan dukungan suporter yang begitu solid.
 
Saya suka membandingkan Poco, pemain baru di pasar telepon seluler Indonesia, seperti klub sepak bola kecil yang bisa bermain di kancah global karena kami konsisten menerapkan strategi yang tepat.
 
Seperti layaknya pemain sepak bola menjalani pelatihan yang ketat untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental untuk pertandingan yang pasti melelahkan agar mencapai potensi maksimum, demikian pula, setiap perusahaan telepon seluler yang memiliki departemen penelitian dan pengembangan mereka sendiri, yang bekerja pada teknologi dan fitur baru untuk membuat telepon mereka unggul di pasar.
 
Oleh karena itu agar tim kecil mampu bersaing dengan tim besar, dibutuhkan karakter dan strategi khusus yang dapat menjadi added value saat pertandingan, seperti yang Poco lakukan.

Meskipun memiliki divisi R&D yang dibagi dengan induk perusahaan Xiaomi, sejak awal Poco memiliki mimpi untuk mendobrak status quo dengan menciptakan produk smartphone extreme performance, extreme price, yang sesuai dengan filosofi “Everything you need, nothing you don't."
 
Dalam menerapkan strategi, Poco tidak seperti sebagian tim sepakbola besar yang menggelontorkan banyak dana hanya untuk gimmick tanpa tujuan jangka panjang yang jelas. Itulah mengapa Poco konsisten menjalankan bisnisnya dengan fokus pengembangan produk untuk menghasilkan performa ekstrem yang sesuai kebutuhan, serta mencari tahu apa permasalahan konsumennya.
 
Poco percaya loyalitas terbentuk bukan karena gimmick, melainkan bagaimana sebuah brand bisa mengerti karakter konsumennya. Sebagai contoh ketika konsumen membutuhkan layanan aftersales, kami menyediakan Free Pick Up & Delivery, bahkan peminjaman unit jika unit yang dimiliki tidak dapat diperbaiki di hari yang sama.
 
Tidak hanya faktor teknis di lapangan, peran suporter dan komunitas sangat penting dalam kesuksesan sebuah tim. Tanpa suporter dan komunitas yang solid, sebuah tim tidak akan bisa mencapai potensi maksimumnya.
 
Konsep ini yang juga dijalankan oleh Poco. Sebagai trendsetting lifestyle technology brand, kami konsisten mengadakan kegiatan yang berhubungan langsung dengan anak muda. Salah satu dobrakan terkini adalah Poco Extreme League.
 
Berkolaborasi dengan beragam komunitas, turnamen mobile gaming ini sudah memasuki musim ke-2 yang akan menyambangi 5 kota di Indonesia, dan diikuti lebih dari 5.000 peserta. Di samping itu, Poco Extreme League ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap dunia esports sebagai kesatuan ekosistem yang saling melengkapi.
 
Akhirnya, Poco memang pemain baru di pasar telepon seluler global, tetapi berambisi menjadi juara melalui investasi inovasi dan strategi jangka panjang yang dituangkan dalam masterplan #PoconyaBeraksi, untuk terus berkompetisi melawan para raksasa lain di industri, dan mencapai kemenangan! Intinya, kita harus terus berevolusi!
 
(Andi Renreng, Head of Marketing Poco Indonesia)
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan