Ilustrasi: Ericsson
Ilustrasi: Ericsson

5 Hal Soal 5G yang Perlu Kamu Ketahui

Teknologi telekomunikasi ericsson
Cahyandaru Kuncorojati • 06 Desember 2021 10:48
Jakarta: Peluncuran 5G dan transformasi digital telah menjadi pembahasan utama di dunia teknologi selama beberapa tahun terakhir.
 
Dikatakan bahwa teknologi generasi kelima tersebut akan memberikan kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang sangat rendah, tetapi apakah hanya itu?
 
Masih banyak nilai dan manfaat yang akan dibawa 5G kedepannya. Konsumen pun memiliki minat besar pada potensi jaringan 5G. Kebutuhan ini semakin dipercepat akibat pandemi Covid-19 saat ini. Berikut lima hal tentang 5G yang perlu konsumen ketahui menurut Ericsson:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Bukan hanya tentang kecepatan, tetapi juga kapasitas
5G dirancang untuk memberikan lebih banyak kapasitas dalamjaringan, lebih banyak "ruang" untuk digunakan, yang berarti ada lebih banyak ruang bagi semua orang dan perangkat pun akan mendapatkan kecepatan data yang lebih tinggi.
 
Sederhananya, teknologi 5G memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung sekaligus. Generasi jaringan seluler sebelumnya seperti 3G dan 4G mengalami kesulitan dalam memberikan performa konsisten apabila terhubung pada terlalu banyak device di tempat yang bersamaan. 
 
2. Hiburan tingkat berikutnya
Pernahkah kamu membayangkan kalau kamu tidak perlu keluar rumah untuk menonton pertandingan sepak bola tetapi kamu bisa merasakan duduk di barisan pertama lapangan? Dengan teknologi 5G, itu mungkin terjadi. Tahun depan, Ericsson bersama dengan Ooredo, akan menjadi menggelar pengalaman 5G dalam acara olahraga 2022 di Qatar.
 
Penggemar sepak bola diklaim dapat menikmati pengalaman baru menonton pertandingan sepak bola yang didukung dengan enhanced mobile broadband, dengan kecepatan jaringan yang sangat tinggi, latensi rendah, dan kapasitas data yang besar. Penggemar akan dapat menikmati interaktivitas real-time dan pengalaman streaming definisi tinggi.
 
3. Kontrol semuanya dalam satu klik
Berkat teknologi IoT (Internet of Things), jaringan 5G menawarkan tingkat konektivitas yang berbeda. Kamu tidak perlu lagi khawatir lupa mematikan kompor saat hendak meninggalkan rumah, sibuk memikirkan kewajiban untuk membersihkan kamar saat kamu sangat sibuk dengan pekerjaan sepanjang hari, sepanjang minggu.
 
Dengan jaringan 5G, kamu dapat mengontrol dan terhubung dengan setiap perangkat yang mendukung konsep smart living, atau dengan kata lain teknologi 5G akan membuat hidup kamu jauh lebih efisien dan produktif.
 
4. Selangkah lebih dekat dengan artis atau musisi favorit
Di Korea Selatan, konser virtual telah berhasil disiarkan dalam format 4K menggunakan teknologi 5G. 5G memungkinkan kamu merasakan euforia konser yang sesungguhnya dengan visual resolusi tinggi, serta memungkinkan kamu melihat idolamu dengan cara yang tidak seperti sebelumnya.
 
Di masa depan, teknologi musik yang terhubung dapat menyatukan musisi, produser musik, dan recording engineer dari seluruh penjuru dunia. Teknologi generasi kelima akan memungkinkan tonggak baru dalam penciptaan musik global, berpotensi mengubah cara lagu ditulis dan cara kita menikmati musik di masa depan.
 
5. Selamat tinggal buffering dan video lagging
Ketika kamu hanya memiliki waktu istirahat makan siang selama 30 menit, dan kamu adalah tipe orang yang membutuhkan sesuatu untuk ditonton untuk menemani kamu saat makan, memilih sesuatu untuk ditonton telah menempatkan kita pada situasi yang sulit.
 
Semua orang pasti pernah dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita menatap video kosong karena koneksi buruk saat makan. Jaringan 5G dirancang untuk menampilkan konten seperti video tanpa lag dan buffer, yang berarti ia mendukung pemutaran video 4K hingga 8K.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif