Xiaomi secara resmi merilis sistem operasi terbaru karyanya dengan basis Android, MIUI 12.
Xiaomi secara resmi merilis sistem operasi terbaru karyanya dengan basis Android, MIUI 12.

Xiaomi Rilis MIUI 12, Apa Saja yang Baru?

Teknologi teknologi xiaomi
Lufthi Anggraeni • 20 Mei 2020 10:26
Jakarta: Xiaomi secara resmi merilis versi global dari MIUI 12, update terkini untuk sistem operasi berbasis Android karyanya, untuk ratusan juta smartphone sebab raksasa elektronik Tiongkok ini berupaya memperluas ekosistem layanannya.
 
TechCrunch melaporkan bahwa perusahaan smartphone terbesar keempat dunia ini menyebut menyuguhkan antarmuka pengguna lebih baik, kemampuan untuk menampilkan layar ponsel tanpa harus menghubungkannya ke komputer, perbaikan pada dukungan multitasking, dan daya tahan baterai, serta lebih banyak kendali privasi untuk pengguna.
 
Hal utama yang diunggulkan Xiaomi pada perubahan yang diusung oleh MIUI 12 ini adalah tampilan software. Eksekutif Xiaomi menyebut render animasi sedikit berbeda setelah menginstal MIUI 12, melebar secara lebih alami di seluruh layar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Render ini lebih alami terutama pada smartphone dengan sudut membulat, dan saat pengguna mengetuk aplikasi. Xiaomi mampu menyuguhkan perbaikan grafik ini berkat teknologi yang disebutnya dengan nama inovasi level kernel, termasuk mesin render baru.
 
Dengan render tersebut, Xiaomi menyebut telah memungkinkan perpaduan warna dan blur Gaussian. Dan pengguna akan dapat melihat berbagai tingkat blur yang terjadi secara langsung, sebab cahaya menembus material berbeda.
 
MIUI 12 dibangun berdasarkan Android 9 dan Android 10, bergantung pada perangkat yang akan menerimanya, yang juga mengubah cara penggunaan penyimpanan, memori dan konsumsi daya ditampilkan di ponsel, mempermudah pengguna untuk lebih cepat memahami kondisi perangkat secara sekilas.
 
Sebagai bagian dari lapisan baru, Xiaomi juga menerapkan mode gelap di seluruh aplikasi pihak ketiga, termasuk aplikasi yang diperkenalkan belum didukung fitur ini. Selain itu, dukungan untuk multitasking juga menerima perbaikan.
 
Dukungan baru ini memunculkan aplikasi tambahan pada layar yang mengambang, sehingga pengguna dapat memindahkannya ke bagian manapun di layar dan berinteraksi secara cepat tanpa harus beralih dari game atau aplikasi lain yang tengah difokuskan.
 
Xiaomi juga menyebut bahwa MIUI 12 memperkenalkan fitur Ultra Battery Saver yang berfungsi saat daya baterai mencapai lima persen. Fitur ini akan menutup layanan tidak penting untuk memperpanjang daya tahan baterai hingga lima jam.
 
Selain itu, MIUI 12 juga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengawasi dan membatasi aplikasi dari menggunakan kamera, mikrofon, lokasi, kontak, penyimpanan, riwayat panggilan dan kalendar.
 
Dan serupa versi lebih baru dari Android dan iOS, MIUI 12 memberikan pengguna kemampuan untuk menentukan frekuensi aplikasi dapat mengakses informasi sensitif. MIUI 12 juga memberikan pengguna kemampuan menghapus informasi sensitif, seperti data lokasi dari foto sebelum dibagikan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif