Google melacak transaksi yang Anda lakukan di dunia maya. (AFP PHOTO / LOIC VENANCE)
Google melacak transaksi yang Anda lakukan di dunia maya. (AFP PHOTO / LOIC VENANCE)

Diam-Diam, Google Lacak Transaksi Online Anda

Teknologi google
Ellavie Ichlasa Amalia • 19 Mei 2019 08:28
Jakarta:Diam-diam, Google melacak pembelian online Anda melalui bukti pembayaran yang dikirimkan ke akun Gmail Anda.
 
Hal ini dilaporkan oleh CNBC. Informasi transaksi Anda juga bisa diakses melalui situs yang telah aktif sejak lama. Anda bisa melihat daftar pembelian Anda di sini.
 
Menurut laporan The Verge, pembelian yang dilacak oleh Google tidak hanya transaksi di e-commerce, tapi juga transaksi di dunia nyata menggunakan kartu kredit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk membantu Anda melacak transaksi, pemesanan, dan langganan yang Anda lakukan, kami telah membuat situs privat yang hanya bisa dilihat oleh Anda," kata Google. "Anda bisa menghapus informasi ini kapan saja.
 
"Kami tidak menggunakan informasi dari email Gmail Anda untuk menampilkan pesan, dan ini termasuk bukti pembayaran di email dan konfirmasi yang tampil di halaman Purchase." Google tidak menyebutkan sejak kapan alat ini aktif.
 
Menurut laporan CNBC, Google tidak menggunakan informasi ini untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan ketertarikan Anda.
 
Perusahaan internet itu menyebutkan, bahwa mereka akan berhenti menggunakan data yang dikumpulkan dari Gmail pada 2017. Anda juga bisa menghapus informasi di situs Purchase. Namun, Anda harus menghapus transaksi satu per satu.
 
Sama seperti Facebook, Google menyimpan banyak data pribadi Anda, termasuk kebiasaan Anda dan apa yang Anda beli di internet. Dan sama seperti Facebook, Google juga menguasai industri iklan online.
 
Biasanya, Google mendapatkan informasi Anda dengan menggunakan alat yang bekerja pada background, sehingga pengguna tidak sadar apa saja data yang dikumpulkan.
 
Alat pelacak pembelian online dari Google ini mungkin tidak terlalu berbahaya, tapi ini menunjukkan kesulitan Google untuk memberitahu para penggunanya tentang metode pelacakan yang mereka gunakan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif