?TSMC mengumumkan rencananya untuk memulai produksi chip 5nm pada kuartal pertama tahun 2020.
?TSMC mengumumkan rencananya untuk memulai produksi chip 5nm pada kuartal pertama tahun 2020.

iPhone 2020 Pakai Chip 5nm

Teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 13 Juni 2019 15:48
Jakarta: Semakin kecil proses yang digunakan untuk memproduksi chip, semakin banyak transistor yang dapat dibenamkan dengan kepadatan lebih rapat pada ruang di dalam chip. Hal ini turut mengindikasikan performa lebih tinggi dan konsumsi daya lebih baik.
 
TSMC mengumumkan rencananya untuk memulai produksi chip 5nm pada kuartal pertama tahun 2020 mendatang. Chip ini disebut akan berbekal jumlah transistor 1,8 kali lebih banyak jika dibandingkan komponen proses 7nm, dan 15 persen lebih cepat.
 
Laporan terbaru menyebut bahwa produksi Qualcomm Snapdragon 865 akan ditangani oleh Samsung bukan oleh TSMC, dan juga akan diproduksi menggunakan proses EUV 7nm karya Samsung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai hasilnya, iPhone keluaran tahun 2020 diperkirakan akan menjadi perangkat pertama yang menggunakan System on Chip (SoC) 5nm. iPhone generasi pertama menggunakan SoC yang diproduksi menggunakan proses 45nm.
 
Saat ini chipset tercepat, termasuk Snapdragon 855, diproduksi menggunakan proses 7nm. Dan dengan penggunaan Ultraviolet Lithography (EUV) ekstrem, produsen chip dapat merancang layout Integrated Circuits (IC) lebih presisi untuk peningkatan performa lebih baik.
 
Sementara itu, TSMC dilaporkan tengah menunggu persetujuan lingkungan tertentu untuk pabrik produsen chip 3nm berlokasi di Hsinchu, Taiwan mulai tahun 2022. Senior Director TSMC Zhuang Zishou menyebut perusahaannya akan melakukan riset dan pengembangan untuk chip 2nm di kota yang sama.
 
Pemilihan lokasi yang sama tersebut dijelaskan Zhuang ditujukan untuk menghindari kebuntuan ide. Sementara itu saat ini, chip yang diproduksi dengan proses 7nm merupakan chip tercepat. Sebelumnya, Samsung mengklaim telah berhasil mempersiapkan teknologi proses pembuatan prosesor 5nm.
 
Pihak Samsung mengklaim bahwa teknologi pembuatan prosesor fabrikasi 5nm tersebut membawa peningkatan dibandingkan versi 7nm. Di fabrikasi 5nm bisa disediakan peningkatan efisiensi logic area sebesar 25 persen dengan konsumsi daya 20m persen lebih rendah.
 
Samsung juga menyatakan teknologinya kali ini mendukung migrasi ekosistem pada model prosesor fabrikasi 7nm ke 5nm sehingga tidak memerlukan proses desain ulang. Samsung telah menyatakan kesiapannya untuk memproduksi prosesor fabrikasi 7nm, namun belum digunakan sejak akhir Oktober 2018 lalu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif