?Microsoft mengumumkan hasil studi kolaborasinya dengan IDC terkait dengan kepercayaan konsumen.
?Microsoft mengumumkan hasil studi kolaborasinya dengan IDC terkait dengan kepercayaan konsumen.

Konsumen Mulai Perhatikan Keamanan Smartphone

Teknologi microsoft
Lufthi Anggraeni • 26 Juni 2019 17:19
Jakarta: Microsoft mengumumkan hasil studi kolaborasinya dengan IDC, terkait dengan kepercayaan konsumen di wilayah Asia Pasifik termasuk di Indonesia. Studi ini dilakukan salah satunya karena tingkat adopsi smartphone yang tinggi, terutama di Indonesia.
 
“Konsumen sekarang lebih sensitif soal keamanan, yang menjadi salah satu elemen dasar pendukung kepercayaan. Karenanya, kami bekerja sama dengan IDC untuk mengukur tingkat kepercayaan konsumen, terutama konsumen Microsoft,” ujar Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee.
 
Tingginya tingkat adopsi smartphone turut berdampak pada tingkat konsumsi internet, mendorong interaksi dan transaksi yang terjadi di masyarakat untuk segera beralih ke digital dalam waktu dekat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Studi yang dilakukan pada 457 konsumen di Indonesia menghasilkan lima hal yang menjadi elemen utama terkait dengan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan penyedia layanan, yaitu privasi, keamanan, reliabilitas, etika, dan kemampuan memenuhi permintaan konsumen.
 
Bagi konsumen Indonesia, keamanan, privasi dan etika menjadi faktor utama penentu tingkat kepercayaan mereka pada perusahaan atau layanan. Secara khusus, sebesar 87 persen konsumen mementingkan kepercayaan, 86 persen privasi, dan 85 persen untuk etika.
 
Selain itu, studi ini turut menyebut bahwa konsumen, terutama di Indonesia, memiliki ekspektasi kepercayaan tertinggi pada lembaga jasa keuangan, lembaga pendidikan dan organisasi layanan kesehatan.
 
Sementara itu, sebanyak enam persen konsumen di Indonesia memiliki tingkat kepercayaan rendah terkait aktivitas transaksi pada penyedia layanan digital dengan penawaran harga lebih murah dan kurang terpercaya.
 
Hal ini, jelas Haris, turut mengindikasikan bahwa konsumen Indonesia semakin bijaksana dalam memilih layanan yang dapat mereka percayai. Sebab mayoritas konsumen yang diteliti atau sekitar 63 persen mengaku tidak berkeberatan dalam memilih dan merekomendasikan layanan dengan harga lebih tinggi.
 
Sementara itu, Head of Operations IDC Indonesia Meivira Munindra menyebut bahwa kepercayaan menjadi faktor penting bagi organisasi agar dapat berhasil di dunia digital saat ini. Sebab, konsumen akan lebih memilih untuk bertransaksi dengan organisasi pemilik platform digital terpercaya.
 
Selain itu, Meivira turut menyebut untuk lebih meningkatkan kepercayaan konsumen, organisasi atau perusahaan terutama yang tidak terfokus di bidang teknologi, perlu berkolaborasi dengan perusahaan teknologi untuk dapat menyuguhkan pengalaman penggunaan lebih aman dan memenuhi kebutuhan konsumen termasuk tiga elemen penting tersebut.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif