Infrastruktur Palapa Ring Timur di Papua yang menjadi korban aksi pembakaran oleh pihak tidak dikenal. (BAKTI)
Infrastruktur Palapa Ring Timur di Papua yang menjadi korban aksi pembakaran oleh pihak tidak dikenal. (BAKTI)

Pembakaran Palapa Ring Timur di Papua, Kominfo: Konektivitas Terjaga

Teknologi Kominfo teknologi telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 11 Januari 2021 18:15
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan peristiwa yang terjadi di Kabupaten Puncka, Papua, yang berpotensi mengganggu konektivitas jaringan internet dan telekomunikasi di kawasan tersebut.
 
Mereka mengumumkan terjadinya aksi pembakaran infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring Timur di lokasi tersebut yang terjadi pada Sabtu, 9 Januari 2021. Diketahui infrastruktur ini merupakan bagian dari proyek internet cepat berbasis fiber optik Palapa Ring yang baru saja rampung tahun ini.
 
Direktur Utama Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Anang Latif, menyatakan pembakaran itu dilakukan oleh pihak yang belum diketahui identitasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Infrastruktur yang mengamlami kerusakan adalah pemancar microwace Palapa Ring tower site B4 dan B5. Akibatnya jaringan Palapa Ring di Kota Ilaga, Ibukota Kabupaten Puncak sempat terputus.
 
"Pada hari Sabtu, 9 Januari 2021, BAKTI menerima laporan bahwa infrastruktur microwave Palapa Ring, tower B4 dan B5 yang berlokasi di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, dibakar oleh pihak yang masih belum diketahui identitas serta motifnya," jelas Anang.
 
Kominfo disebut langsung mengambil langkah investigasi, pertama mencari tahu identitas pelaku dan motif pembakaran, dan kedua menyiagakan backup untuk menjaga konektivitas di wilayah terdampak.
 
"Tetap berkomitmen mengupayakan backup konektivitas di wilayah terdampak dengan menggunakan teknologi lain, yakni satelit (VSAT), untuk melayani Kota Ilaga," ungkap Anang.
 
Direktur Operasional PT Palapa Timur Telematika, Eddy Siahaan menyatakan dengan adanya kejadian itu, secara teknis, kawasan di sekitar Kota Ilaga hanya didukung satu sisi jaringan konektivitas. Aktivasi backup layanan membutuhkan waktu dan ketersediaan bandwidth yang memadai.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif