Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia dan Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia.
Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia dan Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia.

Marketing Summit 2023, Meta Rilis Panduan UMKM dan Program ‘TravelBestie’

Cahyandaru Kuncorojati • 24 Agustus 2023 16:32
Jakarta: Meta menggelar Meta Marketing Summit di Indonesia. Di acara tahunan kelima tersebut mereka mengusung tema “Setiap Koneksi adalah Peluang” dengan membahas ragam pemasaran digital yang berfokus memberikan dukungan bagi UMKM.
 
“Kami sangat senang sekali dapat kembali menyelenggarakan Meta Marketing Summit di Indonesia secara langsung dan dapat bertatap muka dengan pelaku usaha besar, UKM, dan penggiat pemasaran digital setelah dilakukan secara online beberapa tahun terakhir,” kata Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia.
 
“Meta percaya bahwa koneksi membantu penciptaan nilai yang lebih baik karena mampu mendorong kreasi dan konversi. Ini juga yang menjadi alasan utama kami menghadirkan tema yang berfokus seputar koneksi,” tuturnya.

Di sini juga digelar sesi diskusi yang tahun ini berfokus ke tiga area, mulai dari pertumbuhan video pendek atau Reel, peran AI dalam mendukung solusi kinerja Meta seperti A+ Shopping Campaign, dan memaksimalkan fitur Business Messaging untuk mempererat ikatan dengan konsumen.
 
Meta juga merilis salah satu inisiatifnya untuk UKM di Indonesia, yakni Buku Panduan #BertemudiMeta: Panduan Praktis Sukses Berbisnis di Meta untuk UKM di Indonesia.
 
Buku ini ditargetkan untuk memberdayakan UKM di Indonesia dengan pengetahuan praktis dalam memperkuat kehadiran digital mereka di Facebook, Instagram dan Whatsapp.
 
Meya mengklaim bahwa potensi perkembangan UKM di atas platform-platform menunjukkan tren yang positif. Sebanyak 82 persen orang dewasa online di Indonesia berkirim pesan ke bisnis setidaknya sekali seminggu.
 
Di sisi lain, sebanyak 80 persen orang dewasa di Indonesia mengatakan bahwa mereka ingin berkomunikasi dengan para bisnis yang mereka tuju dengan cara yang sama seperti komunikasi yang dilakukan dengan keluarga atau teman.
 
Perpesanan bisnis atau Business Messaging pun menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan para pemilik bisnis, khususnya UKM di Indonesia, untuk menjawab tren pasar tersebut. Meta melihat bahwa fitur iklan Click to Message pada platform-platform Meta mampu mempermudah bisnis untuk menjalin koneksi dengan para pelanggan.
 
Meta juga mengklaim sebanyak 40 persen pengiklan Meta secara global sudah menggunakan fitur ini untuk menunjang performa bisnis mereka. Meta juga mengumumkan kampanye #TravelBestie yang berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Traveloka, Evermos, dan konten kreator.
 
Meta bersama para mitra akan mengunjungi beberapa daerah yang termasuk ke dalam 10 Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk ikut berkontribusi dalam perkembangan bisnis lokal di sektor pariwisata.
 
“Kolaborasi program #TravelBestie yang diinisiasi oleh Meta di Indonesia, merupakan bentuk konkret kemitraan antara pemerintah dan pihak swasta untuk memajukan destinasi dan produk pariwisata lokal dengan bantuan teknologi,” ujar Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia.
 
“Dari beragam konten kreatif yang akan dibagikan oleh kreator ternama di multi-platform Meta, hingga pelatihan bagi UKM lokal yang memiliki fokus usaha terkait dengan sektor pariwisata, saya berharap seluruh kegiatan dalam kolaborasi ini dapat menginspirasi dan membantu tercapainya pertumbuhan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata,” tandasnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan