Acara LINE Creativate di Kota Kasablanka. (MTVN)
Acara LINE Creativate di Kota Kasablanka. (MTVN)

Ada 17 Ribu Karya di LINE Creativate 2017

Teknologi line
Ellavie Ichlasa Amalia • 28 Oktober 2017 08:41
medcom.id, Jakarta:LINE mengumumkan para pemenang LINE Creativate 2017.
 
Dalam acara yang diadakan untuk ketiga kalinya di Indonesia ini, LINE membuka 3 jenis kompetisi, yaitu lomba stiker, lomba webtoon, dan juga kompetisi LINE Chatbot, yang terbagi ke dalam kategori game dan utilitas. LINE juga mengadakan kompetisi video #UnjukKreasiLokalmu.
 
"Di era digital ini, industri kreatif adalah salah satu pilar yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Industri ini tidak hanya bisa menciptakan sumber daya manusia yang kompeten, tapi juga lapangan pekerjaan yang baru," ujar Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia saat ditemui di Kota Kasablanka, Jumat (27/10/2017).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun lalu, ada 15 ribu karya yang masuk dalam ajang LINE Creativate. Sekarang, angka itu naik 12 persen menjadi 17 ribu karya. Dhyoti Basuki-Ramdhani, PR LINE Indonesia menjelaskan, kompetisi membuat video untuk memamerkan keunikan lokal merupakan kompetisi yang pertama kali diadakan tahun ini.
 
Alasan LINE mengadakan kompetisi itu adalah untuk memberikan kesempatan pada semua orang Indonesia berkarya, bahkan mereka yang tidak mampu membuat komik digital atau stiker.
 
"Nggak semua orang bisa membuat webtoon atau stiker, tapi kami percaya orang-orang itu kreatif. Mereka bisa berbuat sesuatu, apapun platform yang ada. Kamu mau mengajak semua orang untuk berpartisipasi dalam Indonesia Unjuk Kreatif ini. Makanya kita buat Unjuk Kreasi Lokalmu, karena kita percaya, mereka punya sesuatu lokal yang mereka sangat bangga," kata Dhyoti.
 
Dia menyebutkan, ada sekitar 4.500 video yang diikutsertakan dalam ajang ini. Selain itu, dia menyebutkan, kompetisi ini juga diharapkan bisa menjadi ajang untuk memamerkan kekayaan Indonesia.
 
"Indonesia itu kan beragam, kenapa tidak kita tunjukkan ke dunia, ke masyarakat Indonesia, kecantikan dari Indonesia," katanya.
 
Ada 17 Ribu Karya di LINE Creativate 2017
 
Kegiatan LINE Creativate ini mendapatkan dukungan dari BEKRAF (Badan EKonomi Kreatif).Kepala BEKRAF, Triawan Munaf mengatakan,
 
Dia juga menyebutkan, dengan adanya kompetisi seperti LINE Creativate, maka talenta lokal yang ada di Indonesia akan menjadi terinspirasi untuk mulai membuat karya mereka sendiri.
 
BEKRAF juga memberikan travel grant pada pemenang kompetisi LINE Sticker, LINE Webtoon, dan LINE Chatbot untuk mendatangi kegiatan terkait ekonomi kreatif di Jepang tahun depan. Tujuannya adalah mendukung talenta Indonesia agar bisa berkembang dan bahkan membawa karyanya ke dunia internasional.
 
Acara LINE ini juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Septriana Tangkary, Direktur Pemberdayaan Industri Informatika, Kemenkominfo mengatakan bahwa Kominfo melihat LINE bisa menjadi platform yang mendorong masyarakat Indonesia untuk membuat konten positif.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif