Google Doodle menampilkan sosok Ani Idrus.
Google Doodle menampilkan sosok Ani Idrus.

Google Doodle Tampilkan Sosok Ani Idrus, Siapa Dia?

Teknologi teknologi google
Cahyandaru Kuncorojati • 25 November 2019 09:57
Jakarta: Halaman pencarian Google versi Indonesia pada hari ini Senin, 25 November 2019 kembali menyajikan Google Doodle. Kali ini digambarkan sosok perempuan dengan latar halaman media cetak atau koran bernama Waspada.
 
Google selalu menyajikan informasi di balik doodle yang mereka buat. Apabila pengguna pencarian Google mengarahkan pointer ke doodle tersebut, akan muncul tulisan "Ulang Tahun ke-101 Ani Idrus".
 
Siapakah Ani Idrus? Dari halaman situs Google Doodle dijelaskan bahwa Ani Idrus adalah sosok aktivis sekaligus jurnalis Indonesia. Di tahun 1947 dia mendirikan media cetak bernama Harian Waspada yang masih aktif hingga saat ini. Di awal berdirinya Waspada berfokus ke edukasi dan politik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ani Idrus lahir di Sumatera Barat pada tahun 1918 dan mulai menekuni bidang jurnalistik pada tahun 1930. Dia juga diketahui menjadi koresponden bagi media luar negeri saat masih aktif. Di tahun 1988 dirinya mendapatkan penghargaan Satya Press Award.
 
Dari penelusuran berbagai sumber, Ani Idrus sangat aktif dalam menulis dan bidang jurnalisme. Di tahun 1930 dia sudah menulis untuk majalan Panji Pustaka. Tahun 1936 dirinya pernah bekerja di Sinar Deli Medan sebagai kontributor majalan Politik Penyedar.
 
Harian Waspada juga didikan bersama suaminya, Mohamad Said kemudian di tahun 1949 Ani Idrus mulai merambah pembaca perempuan dengan menerbitkan majalah Dunia Wanita.
 
Kontribusinya yang sangat banyak membuat Menteri Penerangan RI di tahun 1990 memberikan penghargaan kepadanya sebagai jurnalis berusia di atas 70 tahun yang masih sangat aktif.
 
Ani Idrus menutup usianya pada 9 Januari 1999. Pada tahun 2004 silam PT Pos Indonesia pernah merilis perangko seri Tokoh Wanita yang di dalamnya ada sosok wajah Ani Idrus bersama sosok perempuan sukses dan berjasa di Tanah Air.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif