Managing Director of International Markets Snap Inc. Nana Murugesan.
Managing Director of International Markets Snap Inc. Nana Murugesan.

Snapchat Resmi Hadir di Indonesia, Fokus di Edukasi

Teknologi media sosial teknologi aplikasi snapchat
Lufthi Anggraeni • 04 Desember 2019 13:55
Jakarta: Snap secara resmi mengumumkan kehadiran jejaring sosial karyanya, Snapchat, di Indonesia. Tidak terlambat, Snap Inc. menyebut kehadirannya di Indonesia merupakan momen tepat, sebab perusahaannya baru saja merilis versi baru Snapchat Android miliknya.
 
“Kami banyak memperbaiki dan akhirnya meluncurkan versi baru aplikasi Snapchat kami di untuk perangkat Android, jadi kami merasa saat ini adalah saat yang tepat dan kami telah siap untuk merangkul pengguna di Indonesia,” ujar Managing Director of International Markets Snap Inc. Nana Murugesan.
 
Murugesan menyebut sebagai langkah awalnya menjajaki pasar Indonesia, Snap Inc. akan terfokus untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan Snapchat. Sebab Snap Inc. menilai saat ini, pemahaman masyarakat soal aplikasinya berbeda dari brand yang diusung Snapchat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masyarakat, menilai Snapchat sebagai media sosial seperti pada umumnya, berbeda dari brand yang diusung Snapchat yaitu sebagai kamera, dengan tujuan utama untuk berkomunikasi dengan lingkup keluarga dan teman akrab.
 
Selain itu, Murugesan juga menjelaskan lima pesan utama yang diusung oleh Snapchat. Snapchat disebut sebagai antidote dari media sosial, artinya Snapchat tidak seperti media sosial pada umumnya.
 
Murugesan mengklaim bahwa Snapchat menerapkan pendekatan keamanan sebagai bagian dari desain. Snapchat diklaim bukan platform yang menghubungkan pengguna dengan pengguna lain dalam jumlah besar namun tidak dikenalnya.
 
Snapchat lebih ditujukan untuk berkomunikasi dengan teman akrab pengguna. Selain itu, Snpachat juga diklaim tidak memiliki sejumlah fitur yang dimiliki media sosial lainnya seperti profil yang dapat dijelajahi, pesan dari orang asing, feed, like, dan lainnya.
 
Sehingga Snapchat menjadi medium pengguna mengekspresikan diri sebagai bagian dari upaya komunikasi dengan orang terdekat, dan bukan sebagai layanan yang mendorong pengguna berlomba untuk menjadi sempurna.
 
Selain itu pada fitur Discover, Snapchat hanya menyuguhkan konten yang telah dikurasi oleh tim internalnya. Dan Snap Inc. menyebut bahwa tidak sembarang informasi bisa ditampilkan pada fitur ini.
 
Semua konten merupakan karya mitra dan telah lolos proses peninjauan oleh tim Snap Inc. Selain itu, perlindungan privasi juga dihadirkan Snapchat dengan menonaktifkan fitur berbagi lokasi secara default.
 
Snapchat juga mengklaim diri sebagai pioneer dalam sejumlah inovasi yang kemudian menjadi standar industri, termasuk kemampuan menghapus pesan secara otomatis atau self-destructing messages, serta perekaman video berformat vertikal.
 
Kehadiran Snapchat di Indonesia ini juga ditandai dengan kerjasama dengan Indosat Ooredoo, dalam kompetisi 10 Second Challenge. Melalui kompetisi ini, Snapchat ingin memperkenalkan diri sebagai platform kreatif.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif