Apple kembali mengalami kekalahan dalam tuntutan hukum dengan Swatch, kali ini di Australia.
Apple kembali mengalami kekalahan dalam tuntutan hukum dengan Swatch, kali ini di Australia.

Apple Kalah dari Swatch di Pengadilan, Soal Apa?

Teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 22 April 2019 09:47
Jakarta: Apple dan Swatch menghadapi kondisi kurang menyenangkan selama beberapa kali dalam beberapa bulan terakhir, namun di negara berbeda. Pada awal bulan April ini, Apple dilaporkan mengalami kekalahan dalam tuntutan hukumnya dengan Swatch.
 
Tuntutan hukum digelar di Swiss dan pengadilan membela Swatch yang menggunakan slogan Tick Different pada jam tangannya. Slogan ini disebut mirip dengan slogan milik Apple, yaitu Think Different.
 
Kini,Apple kembali mengalami kekalahan dalam tuntutan hukum lain dengan Swatch. Kali ini, Apple berpendapat pada Australian Trade Marks Office bahwa Swatch tidak seharusnya diizinkan untuk menggunakan frasa One More Thing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti yang dikutip Phone Arena, frasa tersebut kerap digunakan Steve Jobs, co-founder dan CEO Apple sebelum kematiannya pada tahun 2011, pada pidato utamanya untuk mengumumkan produk baru Apple.
 
Pidato tersebut kemudian dikenal dengan nama Stevenotes. Ikon teknologi ini juga menyampaikan kesimpulan dari presentasi, kemudian menyebutkan frasa One More Thing, sebelum mengumumkan produk lainnya.
 
Jobs disebut menggunakan frasa ini sejak tahun 1988 hingga 2011 untuk mengumumkan produk seperti iPod mini, iPod Shuffle, MacBook Pro, Apple TV dan FaceTime. Sang penerus, Tim Cook, juga menggunakan frasa ini, terutama saat mengumumkan Apple Watch pada tahun 2014 lalu.
 
Selain itu, Apple juga telah mendaftarkan merek dagang untuk frasa ini di Australia. Namun, keputusan yang diterbitkan pada bulan April ini tidak berpihak kepada Apple. Pihak berwenang Australia memerintahkan perusahaan berbasis di Cupertino, California ini untuk membayarkan denda kepada Swatch.
 
Keputusan tersebut dijelaskan oleh petugas persidangan, menyebut bahwa kedua perusahaan telah menggunakan frasa ini saat mengumumkan produk baru mereka. Namun, sepakat dengan klaim Swatch, pihak berwenang Australia turut menyebut bahwa frasa ini tidak memiliki hubungan dengan produk atau layanan tertentu, dan hanya terdapat pada presentasi.
 
Sebagai informasi, frasa One More Thing digunakan Swatch untuk memasarkan film noir, tema jam tangan di Australia. Namun perusahaan asal Swiss ini mengklaim memperoleh inspirasi dari acara televisi detektif Columbo, yang kerap menggunakan frasa tersebut pada acara itu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif