Instagram memeriahkan bulan Ramadan 2019 dengan meluncurkan filter dan stiker khusus untuk Stories.
Instagram memeriahkan bulan Ramadan 2019 dengan meluncurkan filter dan stiker khusus untuk Stories.

Instagram Gelar Filter dan GIF Bertema Ramadan untuk Stories

Teknologi instagram Ramadan 2019
Lufthi Anggraeni • 06 Mei 2019 13:19
Jakarta: Memeriahkan bulan Ramadan yang baru saja menyapa penduduk beragama Islam di seluruh dunia, Instagram meluncurkan filter bertema bulan suci umat Islam ini untuk fitur video berdurasi 24 jam pada aplikasinya, Stories.
 
Filter tersebut mengusung nama Lantern, tersemat di antara opsi filter yang disediakan Instagram pada fitur Stories, dan telah tersedia mulai tanggal 5 Mei 2019. Namun, Instagram menyebut filter ini hanya bersifat musiman.
 
Dengan kata lain, filter ini hanya dapat ditemukan pengguna selama bulan Ramadan, yang akan berakhir pada tanggal 5 Juni 2019 mendatang. Filter Lantern ini dihiasi dengan ornamen bulan sabit dengan desain pola pada bagian bulan sabit yang dapat diubah dengan cara mengetuk layar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ramadan adalah momen spesial yang mendorong interaksi tinggi di antara para pengguna Instagram di Indonesia," ujar Communications Manager Instagram Asia-Pacific Putri Silalahi.
 
"Kami melihat penggunaan hashtag ramadan dan bukber melonjak tinggi di Indonesia tahun lalu, maka kami ingin membuat interaksi tersebut menjadi lebih mudah dan menyenangkan lagi di tahun ini lewat filter dan GIF khusus di Instagram Stories,”
 
Untuk pasar Indonesia, Instagram juga menyebut berkolaborasi dengan lima kreator dalam pengembangan stiker GIF berisi pesan singkat yang dapat dibagikan selama bulan Ramadan, seperti saat sahur, menunggu waktu buka puasa, saat berbuka puasa, hari raya lebaran, dan lainnya.
 
Kelima kreator tersebut termasuk thepopo, byputy, Dinda Puspitasari, Irfan Nugroho atau bulletos dan Haikal. Untuk dapat menemukan stiker berformat GIF ini, pengguna hanya perlu mengetik kata kunci Ramadan Instagram pada kolom pencarian GIF di Instagram Stories.
 
Sementara itu di Indonesia, berdasarkan data yang dihimpunnya selama bulan Januari hingga bulan Juni 2018 lalu, Instagram mencatat peningkatan frekuensi penggunaan jejaring sosialnya sebesar 28 persen selama bulan Ramadan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
 
Selama bulan Ramadan tahun lalu, Instagram turut mencatat lima tagar terkait Ramadan paling banyak dicari pengguna di Indonesia. Kelima tagar tersebut bukber, baju koko, gamis syari, baju lebaran, dan ramadan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif