Huawei resmi memperkenalkan EMUI 9.0 berbasis Android 9.0 Pie di Indonesia.
Huawei resmi memperkenalkan EMUI 9.0 berbasis Android 9.0 Pie di Indonesia.

Huawei Pamer EMUI 9.0, Pakai Android 9 Pie

Teknologi huawei
Lufthi Anggraeni • 05 Desember 2018 18:22
Jakarta: Huawei resmi memperkenalkan generasi antarmuka pengguna terbaru karyanya, EMUI 9.0, berbasis sistem operasi Android 9.0 Pie di Indonesia. EMUI generasi terbaru ini mengusung sejumlah peningkatan guna mempermudah penggunaan.
 
Sebelumnya, EMUI 9.0 ini telah diperkenalkan kepada publik dunia pada awal bulan September lalu di Jerman. Smartphone unggulan terbaru Huawei, seri Mate 20 menjadi perangkat pertama yang menggunakan antarmuka pengguna terbaru ini.
 
"Berbagai fitur Artificial Intelligence (AI) dan produktivitas akan memberdayakan pengguna dan membuat mereka bisa mendapatkan manfaat lebih dari perangkat teknologi yang pernah ada," ujar Vice President Software Marketing Huawei Consumer Business Group Ryan Lui.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lui turut menyebut bahwa update EMUI 9.0 juga akan tersedia pada seri P20 Pro, P20, Mate 10 Pro dan Mate 10. Melalui antarmuka pengguna baru ini, Huawei mencoba menghadirkan tampilan antarmuka lebih sederhana, namun diklaimnya lengkap.
 
Kesederhanaan tampilan tersebut dihadirkan EMUI 9.0 karena Huawei mengurangi jumlah opsi di menu Settings, dan menambahkan tab bertajuk Advanced sehingga pengguna dapat menampilkan opsi pengaturan lebih lengkap.
 
Dari sejumlah fitur, Huawei turut mengunggulkan dua cara penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) yaitu HiVision dan HiTouch. Dengan fitur HiVision, pengguna dapat mengarahkan kamera ke obyek yang dianggap menarik, untuk memperoleh informasi dari obyek tersebut.
 
Sementara itu, HiTouch memungkinkan pengguna melakukan pemeriksaan secara online dari situs penjual atau platform e-Commerce dari obyek yang dipotret dengan kamera atau pada hasil tangkapan layar atau screenshot.
 
Hingga saat ini, Lui menyebut, fitur HiTouch tersebut dapat mengenali sebanyak lebih dari 120 juta benda, 100 merek, dan memperoleh informasi dari lebih dari 200 platform e-Commerce atau situs penjual resmi.
 
Selain itu, EMUI 9.0 ini juga berbekal fitur one-click projection, memungkinkan pengguna menampilkan konten pada ponsel di layar berukuran besar, melakukan highlight dan merekam konten tersebut. Hasil perekaman juga dapat dibagikan melalui fitur berbagi baru Huawei, bertajuk Huawei Share.
 
Fitur Huawei Share ini memanfaatkan teknologi Bluetooth untuk mengirimkan file. EMUI 9.0 juga dapat berkemampuan melakukan back up dokumen ke kartu micro SD, USB atau Network Attached Storage (NAS).
 
Antarmuka pengguna generasi terbaru Huawei ini juga didukung kemampuan penyesuaian arah alignment dokumen, serta mengubah foto dan hardcopy menjadi file yang bisa disunting, berkat kombinasi aplikasi WPS dan HiAI.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif